Berita

Pendaftaran Sudah Dibuka

  •   prabawati
  •   4 Juni 2021
  •   9:00am
  •   Berita
  •   361 kali dilihat

Samarinda--Pendaftaran Lomba Desa Digital Tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2021 sudah dibuka mulai 1 Juni 2021.

Lomba Desa Digital tersebut digagas langsung oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Prov. Kaltim.

"Ini Lomba baru pertama dilaksanakan pada tahun ini dan pendaftaraan sampai 30 Juni 2021," ungkap Kabid Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan Sri Wartini, saat dikonfirmasi melalui saluran handphone, Kamis (4/6)

Dari 7 Kabupaten/Kota yang ada di Kaltim, maksimal Kabupaten/Kota mengirimkan lima desa untuk mengikuti lomba ini.

Adapun kriteria peserta mulai dari desa yang memiliki website dan aktif, konten website memuat tentang informasi di desa misalnya profil pemerintahan, profil desa, potensi desa atau publikasi lainnya.

Berikutnya desa yang memiliki media sosial dan aktif (facebook, instagram dan twitter), lalu media sosial berfungsi sebagai sarana penyebaran informasi terkait kegiatan di desa dan desa memiliki rencana yang masif dan mewujudkan digitalisasi desa melalui perencanaan penganggaran kebijakan dan faktor penunjang lainnya.

Pihaknya juga telah menyediakan total hadiah sebesar Rp 12.000.000 untuk 3 pememang, dimana masing-masing yakni juara 1 Rp 5.000.000, juara II Rp 4.000.000 dan juara III Rp. 3.000.000.

"Tunjukan bahwa pemerintahan desa tidak ketinggalan dengan teknologi informasi dan tidak ada kesenjangan terhadap penerapan teknologi antara kota dan desa,"pintanya.

Tentunya dengan keberadaan desa digital akan membuka akses informasi seluas-luasnya, baik pendidikan, bahkan warga bisa memasarkan berbagai produk hasil olahannya. (Prb/ty)