Berita

Penanganan Covid-19 Dengan Pendekatan 5S 1T

  •   resa septy
  •   4 Agustus 2021
  •   5:25pm
  •   Berita
  •   803 kali dilihat

Samarinda - 5S (Strategi, Struktur, Sistem, Skill, Speed), 1T (Target) disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Kepala Satgas Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito merupakan salah satu dari beberapa arahannya yang dapat menjadi langkah dalam penanganan Covid-19.

Arahan tersebut disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur beserta Unsur Forkopimda Provinsi dan Kabupaten/Kota, secara luring di Aula Pertemuan Markas Kodam VI/ Mulawarman Balikpapan, Rabu (4/8).

“Tiga hal yang ingin kita capai dalam pengendalian Covid-19 di provinsi ini, bukan lagi herd immunity, bukan lagi yang lain-lainnya. Tapi prokes 3M yang tinggi, vaksinasi yang tinggi, dan 3T,” ujar Ganip menerangkan.

Dalam hal ini, Pemerintah Daerah dapat mengatur langkah dengan strategi mengedepankan preventif promotif untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Strategi dijalankan dengan struktur kolaborasi pusat dan daerah melalui pendekatan pentahelix berbasis komunitas yang tersistem dengan manajemen penanganan berbasis gotong royong.

Strategi, struktur dan sistem tentunya didukung dengan skill daripada kepakaran serta kedisiplinan, komitmen dan militansi rantai komando dari Pusat sampai ke RT/RW sebagai kunci kecepatan penanganan.

“Kita harus benahi aspek hulunya dulu, karena itu sumbernya penyebaran. Kemudian kita tata juga aspek hilirnya. Sehingga kedua ini akan berkolaborasi jadi satu dan akhirnya kita bisa kendalikan Covid-19 dengan baik,” jelasnya.

Melalui langkah-langkah inilah, diharapkan apa yang ditargetkan dapat tercapai sebagaimana mestinya, yang sehat tetap sehat, yang kurang sehat harus sembuh dan yang sakit diobati sampai sembuh. (resa/as)