Berita

Penambahan Kasus Terlihat 2 Pekan Setelah Lebaran

  •   prabawati
  •   19 Mei 2021
  •   3:14pm
  •   Berita
  •   287 kali dilihat

Samarinda----- Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim Padilah Mante Runa mempredeksi kenaikan kasus Covid-19 bisa dilihat 2 pekan pasca lebaran. Selama masih ada masyarakat yang abai terhadap protokol kesehatan maka sangat dimungkinkan akan ada kenaikan kasus.

Terkait libur pasca lebaran Pemerintah sudah mengantisipasi dengan melakukan kegiatan skrining pada pelaku perjalanan maupun penyekatan di batas wilayah antar Kabupaten/Kota. Sehingga diharapkan dapat menekan penularan Covid.

Menurutnya, potensi di Kaltim tidak jauh berbeda dengan wilayah lain di Indonesia, karena masih ada mobilisasi masyarakat antar Kabupaten/Kota dan masih ada masyarakat yang abai dan lalai dengan protokol kesehatan bisa mengakibatkan kasus covid mungkin bisa terjadi di Kaltim.

Dikatakannya, saat libur lebaran berdasarkan grafik mulai tanggal 10-17 Mei memang melandai, tapi tanggal 18 Mei naik lagi. Masa inkubasi penyakit itu antara 5-10 atau 14 hari setelah itu bisa dilihat apakah melandai atau naik.

"Mudah-mudahan tidak ya, tapi kemungkinan itu ada," ungkap Kadinkes saat menjadi narsum pada dialog interaktif, Rabu (19/5)

Dirinya mengakui tidak pernah lelah mengingatkan kepada masyarakat agar patuh dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Apabila mau menghentikan pandemi, masyarakat harus ikut serta mendukung dan mensukseskan pelaksanaan vaksinasi. Melaksanakan protokol kesehatan dan vaksinasi merupakan dua kunci utama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Mari bersama-sama bergandengan tangan ayo patuhi protokol kesehatan dari diri kita sendiri," ajaknya (Prb/ty)