Berita

Pemuda Harus Jadi Perekat Bangsa

  •   prabawati
  •   28 Oktober 2021
  •   2:44pm
  •   Berita
  •   322 kali dilihat

Samarinda - Mewakili Gubernur Kaltim,  Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim H. Moh. Jauhar Efendi pimpin apel Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 93 Tahun 2021 yang dilaksanakan di halaman UPTD Pengelolaan Prasarana Olahraga (PPO) Dispora Kaltim. Kamis (28/10).

Upacara berjalan secara sederhana dan terbatas dengan mematuhi protokol kesehatan.  Selain di gelar seara offline acara tersebut juga dilaksanakan secara online.

"Momentum hari Sumpah Pemuda yang  diperingati hari ini harus mampu menjadikan perekat persatuan kita sebagai bangsa untuk bersama-sama bangkit melawan pandemi serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui kewirausahaan Pemuda," ungkap Jauhar saat membacakan sambutan  Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali.

Persatuan pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia hari ini dan tetap eksisnya bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

Persatuan menjadi syarat mutlak sebuah loncatan perubahan dan menghadapi berbagai tantangan ke depan, tantangan bagi bangsa Indonesia khususnya bagi para pemuda tentunya tidak semakin ringan.

Akan tetapi dengan komitmen bersatu dalam keragaman menjadi modal sosial dalam menghadapi berbagai hambatan dan tantangan bangsa ke depan.

Pandemi Covid-19 yang masih melanda berbagai bangsa di belahan dunia termasuk Indonesia menjadi momentum untuk segera bergerak tumbuh secara ekonomi khususnya ekonomi yang mendorong kemandirian pemuda dalam mensejahterakan diri dan selanjutnya memberikan dampak pada kesejahteraan bangsa Indonesia secara keseluruhan pertama memulihkan kondisi ekonomi para pemuda sebagai segmen yang paling terdampak oleh situasi ini.

Dalam upaya membangkitkan ekonomi pemuda juga percepatan pemulihan situasi ekonomi nasional menyongsong Indonesia maju, pemerintah terus mendorong tumbuhnya wirausaha baru, wirausaha muda baik dalam hal penumbuhan minat,  pemberian bantuan wirausaha termasuk wirausaha berbasis perguruan tinggi dan pesantren sampai pada apresiasi wirausaha berprestasi.

Upaya ini tentu tidak akan berdampak maksimal tanpa dukungan semua pihak khususnya bersatunya niat dan ikhtiar para pemuda dalam turut serta membangun bangsa ini secara bersama-sama.

Peringatan sumpah pemuda juga diserahkan penghargaan pemuda berprestasi Prov Kaltim sebanyak 12 orang serta penyerahan secara simbolis satu set alat band dari Gubernur Kaltim kepada FPDK Kaltim yang diserahkan langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim HM Jauhar Efendi. (Prb/ty).