Berita

Pemprov Kaltim Terima Kunjungan Komisi III DPRD Kalteng

  •   Rizky Kurniawan
  •   7 Oktober 2021
  •   8:04pm
  •   Berita
  •   201 kali dilihat

Samarinda - Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur (Kaltim). Rombongan yang dipimpin Ketua Komisi III DPRD Kalteng Duwel Rawing. Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Andi Muhammad Ishak menerima legislator provinsi tetangga itu di Ruang Rapat Tepian II Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (7/10).

“Jujur kami sangat bangga karena sudah dipilih menjadi provinsi yang dikunjungi,” ucap Andi Ishak.

Lanjutnya, kunjungan Komisi III DPRD Kalteng ke Kaltim dalam rangka menggali informasi terkait rencana mereka menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Cagar Budaya ini sangat tepat jika legislator Kalteng berkunjung ke Kaltim.

Sebab sejarah Indonesia mencatat, situs kerajaan pertama ditemukan di Benua Etam. Kerajaan Kutai Ing Martadipura berada di Muara Kaman diperkirakan berdiri sejak abad ke-4 masehi dengan raja pertama, Kudungga.

“Mudah-mudahan informasi yang kami berikan bermanfaat dan bisa membantu upaya Provinsi Kalteng untuk dapat melakukan pelestarian cagar budaya agar tidak musnah dan hilang,” tutup Andi Ishak.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalteng Duwel Rawing sangat mengapresiasi penjelasan yang telah disampaikan oleh pejabat dari Kota Samarinda dan Kabupaten Kutai Kartanegara, serta Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Kalimantan.

“Tujuan kami selain bersilaturahmi juga ingin belajar banyak hal tentang apa saja yang akan menjadi tanggung jawab pemerintah daerah dalam upaya pelestarian aset-aset budaya ini,” ucap Duwel Rawing.