Berita

Pemprov Kaltim Bahas Program Digital Talent Scholarship 2024 Bersama BPSDMP Kominfo Banjarmasin

  •   Khajjar Rohmah
  •   6 Februari 2024
  •   7:59pm
  •   Berita
  •   630 kali dilihat

Banjarmasin - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) dalam hal ini diwakili oleh Dinas Komunikasi dan informatika (Diskominfo) serta Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) melakukan pertemuan dengan BPSDMP Kominfo Banjarmasin. 

Pertemuan itu dilakukan untuk membahas terkait program Digital Talent Scholarship (DTS) Tahun 2024. 

Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Banjarmasin sendiri merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pengembangan SDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) yang memiliki wilayah kerja di tiga provinsi di Kalimantan. Yakni Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), dan Kalimantan Timur (Kaltim). 

Sementara, Digital Talent Scholarship (DTS) adalah program yang diselenggarakan oleh Kominfo RI. Program ini bertujuan untuk meningkatkan talenta digital di Indonesia melalui pelatihan dan pendidikan. DTS merupakan bagian dari langkah strategis untuk memperkuat ekosistem digital di Indonesia, termasuk juga di provinsi Kalimantan Timur.

Selain itu, DTS berperan sebagai pendukung Transformasi Digital Nasional untuk mencapai Visi Indonesia Emas 2045 dan Visi Indonesia Digital 2045, dengan pilar-pilar yaitu Pemerintahan Digital, Ekonomi Digital, dan Masyarakat Digital.

"Pertemuan ini membahas beberapa hal. Salah satunya adalah skema kerjasama cost-sharing pendidikan dan pelatihan bertema digital antara Pemprov Kaltim dengan Kementerian Kominfo sebagai tindak lanjut MoU yang telah ditandatangani pada tahun 2022," jelas Pranata Komputer Ahli Muda Diskominfo Kaltim, Fahmy Asa usai pertemuan di Banjarmasin, Selasa (6/2/2024). 

Hadir dalam pertemuan tersebut, Tim Diskominfo Kaltim di antaranya Irwansyah, Riko Aji Prabowo, dan Fedlandy Yulian. Sementara Tim BPSDM Kaltim diwakili oleh Pengadministrasi Pelatihan Andi Abdul Haliqulhaq, Agus Bastian dan Pengadministrasi Sertifikasi Mulkan Effendi.

Pertemuan itu disambut hangat oleh tuan rumah, BPSDMP Kominfo Banjarmasin yang diwakili oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPSDMP Syarifuddin, Analis Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan, Firda Z Abraham, serta jajaran pegawai BPSDMP Kominfo Banjarmasin. (*/KRV/pt)