Berita

Pemersatu Bangsa

  •   prabawati
  •   1 Juni 2021
  •   11:11am
  •   Berita
  •   1140 kali dilihat

Pemersatu Bangsa


Samarinda---Hari kelahiran Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni haruslah menjadi satu momentum persatuan dan kesatuan bagi seluruh pihak dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Gubernur Kaltim H. Isran Noor mengatakan Pancasila menjadi dasar ideologi negara dan pemersatu bangsa.

"Kita tidak pernah meragukan Pancasila, sudah terbukti begitu besar bangsa kita ini, banyaknya wilayah dan luasnya tanah air dan suku bangsa, adat dan istiadat,"terangnya usai mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila melalui video conference, Selasa (1/6).

Ini membuktikan bahwa Pancasila itu adalah alat pemersatu bangsa yang harus dijaga, dikawal dan dilaksanakan bersama.

"Untuk itu, Kita harus memberikan contoh teladan kepada generasi dan keturunan anak bangsa tentang kehidupan yang bernilai Pancasila,"

Sementara Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto mengungkapkan di hari lahir Pancasila ini semakin mengokohkan bangsa sebagai negara yang memiliki nilai-nilai Pancasila.

"Mari kita bersama-sama melestarikan nilai-nilai yang tekandung dalam Pancasila itu sendiri, karena dengan nilai-nilai itulah yang akan memberikan kekuatan bangsa untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Pada dasarnya dengan adanya Pancasila bangsa tetap kokoh dan berdiri, bersatu padu mencegah ancaman tidak hanya komunisme, terorisme termasuk juga ancaman terhadap kedaulatan negara.

"Dengan Pancasila kita bersatu untuk bersama-sama menjaga kedaulatan ini,"tegasnya (Prb/ty)