Berita

Pemerintah Terus Mempercepat Penanggulangan TB

  •   Ceppy
  •   24 Maret 2024
  •   12:21pm
  •   Berita
  •   308 kali dilihat

Pemerintah Terus Mempercepat Penanggulangan TB

Jakarta - Pemerintah Indonesia telah mempercepat berbagai upaya penanggulangan TB, termasuk perluasan pemberian terapi pengobatan TB (TPT) untuk pencegahan penyakit tersebut.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes RI, Imran Pambudi, menyampaikan hal ini dalam konferensi pers Hari TB Sedunia pada Jumat (22/03/2024) secara daring.

Langkah lainnya termasuk kolaborasi multisektor untuk membahas Rumah Singgah bagi pasien TB Resisten Obat (RO), Coaching TB, Screening, investigasi kontak, serta Platform TB E-Learning sebagai pelatihan online untuk petugas kesehatan.

Selanjutnya, promosi kesehatan dilakukan melalui kampanye TB bersama masyarakat dan sektor lainnya pada Hari TB Sedunia dan Hari Kesehatan Nasional. Ini diikuti dengan upaya deteksi, pengobatan, dan surveilans.

"Serta melakukan Workshop Komunikasi Motivasi untuk organisasi penyintas TB dan Workshop Perencanaan Logistik yakni program TB secara bertahap mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional," kata Imran.


Adapun aturan terkait penanggulangan TB mencakup target dan strategi nasional eliminasi TB, yang dikerjakan secara gencar bersama semua pihak.


"Lalu tanggung jawab pemerintah daerah maupun pusat, koordinasi percepatan penanggulangan TB, peran serta masyarakat. Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan, serta pendanaan," pungkasnya. (cpy/pt)


Sumber: Kementerian Kesehatan RI