Berita

Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur Bersinergi Dengan Provinsi Bali Mengatasi Stunting

  •   Bagus Setiawan
  •   7 Agustus 2023
  •   9:36pm
  •   Berita
  •   295 kali dilihat

Denpasar - Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kalimantan Timur melalui Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, melaksanakan Rapat Kerja Teknis dalam rangka pemaduan dan sinkronisasi kebijakan Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten Kota, dalam pencapaian Percepatan Penurunan Stunting ( TPPS ) Se Kaltim dan sharing dengan TPPS Provinsi Bali. 

Bertempat di Hotel Harper lantai 5, acara di buka secara resmi oleh Gubernur Kaltim yang diwakili Asisten III, Riza Indra Riadi. 

Gubernur Kaltim, dalam sambutanya mengatakan Pemerintah Kaltim sangat mengapresiasi Provinsi Bali dalam Penanganan Percepatan Stunting, yang mencapai 5,5 persen, hal tersebut menjadikan pelajaran bagi satgas TPPS Kaltim.(7/8) 

"Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi kegiatan Rapat Kerja Teknis Percepatan Penurunan Stunting se-Kalimantan Timur Tahun 2023. Harapannya agar Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di provinsi Kalimantan Timur dapat bersinergi dan bekerja semaksimal mungkin agar percepatan penurunan angka stunting di Kalimantan Timur dapat terlaksana sesuai dengan target yang telah ditetapkan"kata Gubernur Kaltim. 

Dalam upaya percepatan penurunan stunting diperlukan adanya koordinasi antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota dalam sebuah kegiatan demi mewujudkan pelaporan serta strategi percepatan penurunan tunting dengan kesepemahaman bersama mengenai situasi stunting terkini.

Pelaksanaan Kebijakan dan program penurunan stuntingi setiap tingkat serta penyusunan solusi bersama menggunakan indikator Seven Quick Wins untuk mempercepat penurunan stunting di Provinsi Kalimantan pada tahun 2023-2024.

Diketahui dalam Percepatan Penurunan Stunting, telah ditetapkan dalam Strategi Nasional dengan tujuan 

menurunkan prevalensi stunting penyiapan kualitas keluarga, menjamin pemenuhan asupan gizi, memperbaiki pola asuh, meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan, meningkatkan akses air minum dan sanitasi. 

Pejabat yang hadir dalam Kegiatan tersebut, Wakil Gubernur Bali yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra , Wakil Walikota asisten lll Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prov.Kaltim Noryani Sorayalita, Kepala Dinas Kesehatan Prov.Kaltim Jaya Mualimin. (Bgs/ty)