Berita

Pemerintah Dorong Optimalisasi Penggunaan Produk Dalam Negeri

  •   pipito
  •   14 Juli 2022
  •   4:26pm
  •   Berita
  •   279 kali dilihat

Balikpapan  -  Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi membuka Rapat koordinasi, monitoring, evaluasi dan sosialisasi terkait, percepatan penggunaan produk dalam negeri. Bertempat di hotel Gran Senyiur, Balikpapan, Kamis (14/7/2022).

Rapat tersebut dilaksanakan guna mendorong target peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN) sebagai bagian aksi afirmasi Bangga Buatan Indonesia (BBI).  

Wakil Gubernur Kalimantan Timur, H. Mulyadi mengapresiasi para peserta, dengan semangat untuk mengaktualisasikan penggunaan produk dalam negeri.

Menurutnya, penggunaan produk dalam negeri untuk Kaltim saat ini mencapai 45%, hingga tahun 2021, penggunaan produk melalui e-katalog.

Wagub Kaltim menyampaikan, keikutsertaan salah satu UMKM Kaltim dalam dunia ekspor, kini mulai tampak berkembang. Kita jangan terpaku dengan 40% dari yang targetkan, namun penggunaan produk dalam negeri dan UMKM dimanfaatkan semaksimal mungkin, kata Hadi Mulyadi.

"Bukan karena perintah presiden atau tidak untuk membangun negeri, namun kita sendiri ingin memajukan negeri itu, adalah selama ada produk dalam negeri, yang bersaing, berkualitas, kenapa harus membeli produk yang lain," ungkapnya.

Wagub menyebutkan dirinya bersyukur. Alhamdulillah 2021 di tengah Kalimantan Timur terbesar kedua dari 34 provinsi di Indonesia, sebagai pengekspor terbesar selain pertambangan batu bara. Termasuk upaya memajukan UMKM Kaltim, saat ini Kalimantan Timur telah menerbitkan 65.000 NIB (Nomor Induk Berusaha) khusus untuk UMKM.

"Tetap semangat dengan membangun diri membangun keluarga membangun masyarakat dan membangun Indonesia. Semangat yang tinggi membangun Kalimantan, bukan sekedar belanja-belanja saja, itu beda dengan mencintai dan kita sudah sampai pada tingkat berusaha yang luar biasa," tuturnya.

Wagub berharap jangan terpaku pada angka saja, namun dalam bekerja dan belanja produk-produk sendiri, dan UMKM menjadi bagian penting bagi kita dalam membangun Kaltim dan Indonesia.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala OPD ((Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemprov Kaltim, diantaranya, Ketua Kadin Kalimantan Timur, Kepala Biro PLT Kepala Biro ekonomi. (pt)

Foto :IST