Berita

Pembukaan Pelatihan Digitalisasi Pemasaran UKM dan Pelatihan Kerajinan Anyaman Rotan

  •   Hendra Saputra
  •   8 November 2022
  •   1:50pm
  •   Berita
  •   442 kali dilihat

Samarinda - UPTD Pelatihan Koperasi Dinas  Perindagkop dan UKM Provinsi Kalimantan Timur menggelar "Pelatihan Digitalisasi Pemasaran UKM dan Pelatihan Kerajinan  Anyaman Rotan".

Pelatihan tersebut dilaksanakan di UPTD Pelatihan Koperasi, Disperindagkop Kaltim di Jalan D.I. Panjaitan No. 03 Samarinda, Selasa (08/11/2022).

Acara tersebut dihadiri oleh Staff Ahli Gubernur Bidang II Reformasi Birokrasi dan Keuangan Daerah, Diddy Rusdiansyah Anan Dani, Kepala Disperindagkop dan UKM Prov. Kaltim, H.M. Sa'duddin, Kepala UPTD Pelatihan Koperasi Dinas Perindagkop dan UKM, Zainuddin Panani, dan Sekretaris Diskominfo Prov. Kaltim, Edi Hermawanto Noor serta ketua pelaksana oleh kepala seksi Pelatihan UKM, Hj. Apriani Kartinoso.

Ketua Pelaksana Pelatihan Digitalisasi Pemasaran UKM dan Pelatihan Kerajinan  Anyaman Rotan, Hj. Apriani Kartinoso menyampaikan dalam sambutannya maksud dari Pelatihan Digitalisasi Pemasaran UMKM ini menjadi alternatif yang tepat dalam rangka menjebatani Pelaku UMKM, khususnya usaha mikro. Yang pada masa pandemi mengalami kesulitan dalam pemasaran secara langsung (offline) sehingga diperlukan strategi pemasaran secara online melalui digitalisasi pemasaran.

Lanjutnya mengatakan, untuk pelatihan kerajinan Anyaman rotan itu sendiri perlunya pembelajaran kerajinan menganyam rotan yang merupakan keterampilan turun menurun yang harus diwariskan kepada generasi selanjutnya. Serta meningkatkan keterampilan, motivasi dan produktifitas pengrajin rotan agar bisa berinovasi menghasilkan produk kerajinan rotan dalam bentuk ataupun model yang beranekaragam dengan kualitas yang unggul.

Staff Ahli Gubernur Bidang II Reformasi Birokrasi dan Keuangan Daerah, Diddy Rusdiansyah Anan Dani dalam sambutan sekaligus membuka acara menyampaikan setelah mengalami dua tahun pandemi ekonomi sudah menunjukkan peningkatan penjualan yang sangat signifikan. Pulih lebih cepat bangkit lebih kuat itulah yang disampaikan oleh Presiden Jokowi.

Diddy menambahkan ekonomi lebih cepat itu salah satunya ditompangi oleh kegiatan UMKM yang menjadi pemicu pergerakan ekonomi dan kedepan memiliki momentum terbesar yaitu kehadiran IKN yang akan membawa migrasi penduduk yang signifikan.

“Anyaman menjadi perlu perhatian dalam konteks digitalisasi pengembangan digitalisasi marketing di dalam UMKM jangan sampai kesan itu adalah menonjolkan berita menghilangkan fakta makanya indah berita dari pada rupa itu yang kita takutkan setelah kelapangan berbeda,” terangnya.

Dalam kesempatan juga disampaikan bagaimana menerapkan digitalisasi tematiknya yang paling penting. Dengan membuat semacam tematik –tematik yang baik.  Serta menciptakan tematik ini adalah perlu peran dari pada Bankaltim, Bank Indonesia dan Pegadaian  dan juga perhatian dari perusahaan yang ada di Kaltim. 

“Jangan sampai kita membuat tema digital dengan sesuatu yang masing - masing jalan ada tema digital yang harus kita sepakati bersama, “ ucap Diddy. (hend/pt)