Berita

Pembinaan dan Pelatihan Harus dilakukan KIM Kaltim

  •   Hendra Saputra
  •   9 Mei 2023
  •   8:34am
  •   Berita
  •   333 kali dilihat

Batu - Workshop Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim melibatkan KIM dari Kabupaten /kota.

Kegiatan dengan tema Pemberdayaan KIM untuk Mewujudkan Masyarakat Kreatif dan Cerdas Informasi di Kalimantan Timur, bertempat di Aston Inn Batu menghadirkan KIM Kabupaten/Kota, Senin (8/5/2023).

Jumadi selaku Kepala Desa Kersik sekaligus Pembina KIM Kabupaten Kutai Kartanegara saat ditemui  menyampaikan dengan mengikuti kegiatan ini manfaat sangat besar didapat.

Lanjutnya,  tidak hanya itu pengembangan KIM juga didapat dengan memberikan motivasi dan mengikuti pelatihan dan lomba-lomba.

"Sebagaimana hal yang disampaikan oleh Kadis Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal yang menyebutkan diera sekarang dituntut untuk menguasai teknologi, "terangnya.

Tidak hanya itu, untuk lebih memperhatikan hoaks serta adanya KIM sebagai wadah untuk menjembatani antara pemerintah dan masyarakat.

"Pemerintah bisa conect atau nyambung dengan masyarakat yaitu melalui pembinaan organisasi KIM ini. Dimana terlihat pemerintah dan masyarakat jalan secara beriringan. Karena,  di KIM ini masyarakat betul-betul dapat dibina. Bukan saja yang meguasai informasi dengan media-media mainstream ini tapi langsung menyentuh dan bergabung dengan masyarakat sendiri, " imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut,  ia pun berharap KIM Kabupaten Kukar dapat melaksanakan pembinaan sumber daya manusia dengan mengikuti berbagai pelatihan guna meningkatkan kualitas KIM.

"KIM dapat mengikuti pelatihan, salah satunya seperti pembuatan konten. Serta ditambah dengan memberikan lomba-lomba agar lebih bersamangat lagi di daerah kita sendiri, " harapnya.
(hend/pt)