Berita

Pelatihan Digital Mindset: Meningkatkan Pelayanan Publik di Kalimantan Timur

  •   Hendra Saputra
  •   7 September 2023
  •   5:35pm
  •   Berita
  •   433 kali dilihat

Samarinda - Digital Mindset merupakan sikap dan perilaku yang memungkinkan individu dan organisasi untuk beradaptasi dan berkembang di era data, algoritma, dan kecerdasan buatan (AI).

Hal tersebut disampaikan oleh Pranata Komputer Ahli Muda Diskominfo Kaltim, Fery, saat menjadi narasumber dengan tema "Meningkatkan Pelayanan Publik melalui Digital Mindset", Kamis (7/9/2023).

Pelatihan Pelayanan Publik Berbasis IT Bagi ASN Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, 5-8 September 2023, di BPSDM Prov. Kaltim.

Fery menjelaskan, Presiden Jokowi telah mengumumkan lima langkah Percepatan Transformasi Digital, termasuk perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital, integrasi pusat data nasional dan persiapan SDM bertalenta digital.

Presiden Jokowi, lanjutnya juga memberikan arahan khusus tentang Transformasi Digital Nasional sebagai solusi untuk membawa Indonesia ke masa depan yang lebih maju, kompetitif, dan mandiri.

Ditambahkanya, salah satu fokus Presiden adalah persiapan SDM bertalenta digital, yang memiliki keterampilan digital dan mentalitas yang tepat.

Fery menekankan pentingnya digital mindset dalam pelayanan publik, seperti meningkatkan pengalaman masyarakat sebagai pengguna layanan publik, efisiensi administrasi publik, dan budaya belajar dan kolaborasi.

Digital mindset membantu membangun adaptabilitas, inovasi, pengambilan keputusan berbasis data dan pembelajaran keterampilan baru serta literasi digital untuk peningkatan kompetensi dan budaya belajar bersama. (hend/pt)