Berita

Pelaku UMKM Dituntut Menguasai Dunia Digital

  •   Ade Putri
  •   30 September 2021
  •   8:47pm
  •   Berita
  •   311 kali dilihat

Samarinda - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Provinsi Kaltim menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM KUKM dengan tema “Tantangan dan Strategi Transformasi UMKM Masa Depan”, bertempat di Hotel Swiss-Bell Hotel Borneo Samarinda, Kamis (30/9).

Pelatihan dengan jumlah peserta sebanyak 120 orang juga tetap memperhatikan protokol kesehatan, dibuka oleh Asisten Deputi Peningkatan Kapasitas Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM RI, Hariyanto.

Adapun tujuan pelatihan tersebut untuk meningkatkan Pemulihan Ekonomi Nasional serta upaya konkrit membantu UMKM untuk dapat bertahan dan meningkatkan usahanya di masa Pandemi Covid-19.

Kepala Disperindagkop dan UKM Kaltim, HM Yadi Robyan mengatakan dimasa pandemi seperti ini pelaku UMKM atau wirausaha dituntut menguasai keterampilan bisnis dalam dunia digital.

“Untuk itu pendampingan kepada para UMKM terus dilakukan dengan melakukan berbagai pelatihan, workshop dan kurasi baik melalui aplikasi meeting online maupun tatap muka secara langsung,” ucap Roby yang merupakan sapaan akrab.

Roby berharap dengan dilaksanakannya pelatihan ini peserta dapat menerapkan hasilnya untuk kemajuan usahanya menjadi lebih baik lagi.

“Kami juga mengharapkan partisipasi semua pihak baik pemerintah, sektor swasta maupun organisasi kemasyarakatan yang peduli dan dapat membantu UMKM,” ajaknya.

Adapun Pelatihan tersebut terbagi menjadi 4(empat) kategori yaitu pelatihan prosedur dan standar ekspor bagi UKM di Kota Samarinda, pelatihan strategi pengembangan KUKM berorientasi ekspor di Kota Samarinda, pelatihan E-Commerce bagi Usaha Mikro di sektor Fashion Muslim di Kota Samarinda dan pelatihan Vocational bagi usaha mikro di sektor pertanian/perkebunan di Kabupaten Kutai Kartanegara. (ade/pt)