Berita

Pastikan Tubuh Sehat Saat Divaksinasi

  •   chitanichinta
  •   15 Januari 2021
  •   9:59am
  •   Berita
  •   259 kali dilihat

Samarinda— Direktur RSUD Abdul Wahab Sjahranie dr. David Hariadi Masjhoer menuturkan seseorang yang akan divaksinasi harus dipastikan tubuh dalam keadaan sehat, tidak memiliki penyakit bawaan atau komorbid dan usia juga mempengaruhi.

Pasalnya zat antibodi pasca vaksinasi hanya bisa terbentuk jika tubuh dalam keadaan fit. Jika sistem kekebalan tubuh rendah akibat komorbid, maka zat antibodi tidak bisa terbentuk.

“Seseorang yang hipertensi tidak diperkenankan diberi vaksin Sinovac ini karena dikhawatirkan efek penyuntikkan, bukan efek vaksin ya, adanya zat asing masuk ke dalam tubuh bisa mempengaruhi tekanan darah dikhawatirkan ada gangguan seterusnya,” jelas David.

Vaksinasi adalah suatu proses untuk memasukkan vaksin ke dalam tubuh bisa dengan cara disuntikkan atau diteteskan. Setelah masuk ke dalam tubuh, tubuh akan bereaksi membentuk sistem kekebalan atau imun dengan menghasilkan antibodi, sehingga akhirnya bisa melawan virus penyebab COVID-19 kalau sampai suatu saat tertular.

“Vaksinasi memasukkan kuman Covid  ke dalam tubuh kita, tapi kuman yang diberikan adalah kuman yang sudah dimatikan. Sehingga diharapkan dia tidak menimbulkan proses infeksi. Hanya saja tubuh masih mampu mengenali kuman ini sehingga membentuk antibodi. Ini yang diharapkan, tubuh membentuk antibodi terhadap kuman vaksin covid-19 yang disuntikkan. Jadi kalau tertular covid-19 tubuh sudah mengenali dan tidak terjadi penyakit,” terang David. (cht/as).