Berita

Pasien Rawat Inap RSJD Meningkat

  •   prabawati
  •   13 Oktober 2021
  •   3:43pm
  •   Berita
  •   554 kali dilihat

Samarinda - Rumah Sakit Jiwa Derah (RSJD) Atma Husada Mahakam Prov. Kaltim saat ini menangani 135 pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang menjalani rawat inap.

Direktur RSJD Atma Husada Mahakam Jaya Mualimin mengatakan jumlah ODGJ di Kaltim mengalami peningkatan di tahun 2021.

"Ya tahun ini meningkat, biasanya 120 pasien saja,"terangnya

Kabupaten/kota yang paling banyak mengirimkan ODGD ke RSJD Atma Husada Mahakam dari Samarinda, Balikpapan dan Kutai Kartanegara.

Menurutnya banyak faktor yang mempengaruhi kondisi kejiwaan seseorang, sehingga bisa dirawat inap di RSJD. Faktor yang paling besar berpengaruh dari lingkungan, kemudian ekonomi serta pergaulan.

Jaya menegaskan semua faktor sangat mempengaruhi, karena gangguan jiwa bisa terkena siapa pun bukan hanya ekonomi yang lemah tetapi yang tinggi juga, selain itu apabila hatinya tidak bersih maka bisa mengalami gangguan jiwa.

Disinggung mengenai kapasitas tempat tidur, dirinya menyebutkan sampai saat ini sangat cukup, di RSJD tersedia 190 kapaitas.

Penyakit jiwa ini, jelas Jaya sangat berat dan sifatnya manaun dan selalu kambuh. Ketika kambuh RSJD harus menyiapkan tempat tidur yang cukup dan sarana yang baik bagi mereka.

"Ada beberapa yang kambuhnya setiap bulan, tapi ada yang kambuh 6 bulan,"terangnya.

Tidak hanya itu, penyakit jiwa bisa kambuh disebabkan masih ada masyarakat yang menganggap penyakit jiwa ini sebagai penyakit yang tidak akan sembuh.

Dia pun mengingatkan agar masyarakat tidak masuk dalam perangkap narkotika. ODGD paling banyak disebabkan salah pergaulan dan menggunakan obat-obat terlarang, (Prb/ty).