Berita

Panen Melon Hidroponik, Pj Akmal Apresiasi dan Dukung Transformasi Pertanian

  •   Ceppy
  •   15 Desember 2023
  •   10:09am
  •   Berita
  •   318 kali dilihat

Panen Melon Hidroponik, Pj Akmal Apresiasi dan Dukung Transformasi Pertanian

Samarinda - Masih dalam rangkaian kunjungan di BPPSDMP Kaltim Jum’at (15/12/2023), Pj Akmal memanen hasil produk lokal unggulan Melon Hidroponik varietas New Kinanti dan Kirani, di Smart Green House Melon Hidroponik UPTD BPPSDMP DPTPH Kaltim.

Pria asal Sumatera Barat ini berikan apresiasi atas usaha seluruh pihak dalam rangka transformasi teknologi pertanian ini, yang akhirnya menghasilkan produk komoditas unggulan lokal yaitu Melon Hidroponik.

Hal yang mengesankan lainnya yaitu dengan terlibatnya pula generasi muda dalam persemaian bibit melon ini. Diketahui kedua varietas disemai pada bulan oktober salah satunya oleh para pelajar dari SMK 1 Bongan asal Kutai Barat.

“Hari ini tepat 65 hari yang lalu Angel (Pelajar SMK 1 Bongan) bersama kawan-kawan menyemai bibit melon ini, saya Alhamdulillah kedapat memanennya, dapat nikmatnya, ” ujarnya diiringi senda gurau dengan pelajar asal Kubar tersebut.

Menurutnya, hal ini bagus sekali untuk regenerasi insan pertanian dan memunculkan motivasi serta spirit generasi muda untuk membangun pertanian di masa depan.

“Saya harap, semoga ada Angel-Angel yang lainnya di masa depan. Semangat ini harus kita dukung terus, ” imbuhnya.

Akmal pun turut menambahkan teknologi Smart Green House ini merupakan langkah apik dalam transformasi pertanian.

Lanjut dikatakannya, Teknologi Smart Green House ini bertujuan pula untuk memodifikasi iklim mikro dengan penerapan teknologi berupa sensor di dalam bangunan dan otomatisasi fertigasi.

Konsep yang dikembangkan ini dilakukan dengan berbagai opsi metode penanaman yang bisa digunakan, seperti Drip Irrigation, Dutch Bucket dan Hidroponik sistem NFT.

Setelah memanen Pj Gubernur didampingi pula oleh Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah dan sejumlah kepala Perangkat Daerah Kaltim berkesempatan menyicipi langsung kedua varietas melon ini.

Dengan berhasilnya panen melon hidroponik, Pj Akmal menyoroti pentingnya kolaborasi dalam transformasi teknologi pertanian. Harapannya, semangat generasi muda, dapat memicu inovasi dan semakin memajukan sektor pertanian.

Tak hanya itu, dukungan terus-menerus terhadap perkembangan teknologi Smart Green House diharapkan dapat membentuk fondasi yang kuat untuk masa depan pertanian yang berkelanjutan dan adaptif. (cpy/pt)


Foto : Teguh Prasetyo