Berita

Pamanfaatan Buku KIA Belum Maksimal

  •   prabawati
  •   5 Oktober 2021
  •   2:06pm
  •   Berita
  •   448 kali dilihat

Samarinda - Pemanfaatan Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dinilai belum digunakan secara maksimal. Padahal pemanfaatan buku tersebut dianggap sangat penting untuk tumbuh kembang anak.

"Pada pelaksanaannya masyarakat belum secara maksimal memanfaatkan fungsi dan kegunaan buku KIA tersebut," terang Sekretaris Dinas Kesehatan Kaltim Masitah saat memberikan arahan pada pada Kegiatan orientasi kelas ibu balita rentan Prov. Kaltim, Selasa (5/10).

Buku KIA menurutnya sangat penting untuk memantau kesehatan ibu dan bayinya sampai berusia 6 tahun.

Selain itu terdapat beberapa manfaat dari buku KIA sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak, karena berisi informasi kesehatan, pemantauan pertumbuhan dan perkembangan meliputi imunisasi, gizi seimbang dan vitamin A.

Maka dari itu perlu adanya edukasi dan keterlibatan organisasi profesi mengenai pentingnya buku KIA dan pemanfaatannya secara optimal. 

Lanjutnya, untuk meningkatkan pemanfaatan buku KIA jelas Masitah perlu diadakan kelas ibu balita.

Meskipun kepemilikan buku KIA pada ibu hamil sudah mencapai  80,4 persen, balita 75,5 persen berdasarkan hasil riset tahun 2018. Namun kegiatan kelas ibu hamil maupun kelas ibu balita harus tetap didorong. (Prb/ty).