Berita

Optimis, Usia ke-64 Akan Lebih Gesit Laksanakan 6 Prioritas Pembangunan Kaltim

  •   Chitanichinta
  •   8 Januari 2021
  •   3:32pm
  •   Berita
  •   568 kali dilihat

Samarinda— Gubernur Kaltim Isran Noor menegaskan menginjak usia ke-64 tahun, Kaltim harus semakin optimis untuk bergerak membangun daerah meskipun sejak tahun lalu jalannya pemerintahan beriringan dengan masa pandemi Covid-19. Terutama, gesit dalam melaksanakan enam prioritas pembangunan di Kaltim.

“Pemerintah dan rakyat berjuang membangun Kaltim yang berdaulat yang hasilnya untuk rakyat Kaltim dan Indonesia. Kita percaya Kaltim mampu berdiri tegak karena kita bangun bersama-sama. Optimis bergerak untuk enam program prioritas pembangunan Kaltim,” katanya dalam sambutan pada Rapat Paripurna ke-2 DPRD Prov Kaltim dengan agenda Peringatan HUT ke-64 Prov. Kaltim di Ballroom Mercure Hotel, Jumat (8/1/2021).

Sejak adanya Covid-19, Pemprov Kaltim sadar bahwa pandemi mempengaruhi seluruh kegiatan masyarakat, dan berdampak pada semua semua sektor kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan kemasyarakatan lainnya. Sehingga perlu dilakukan langkah strategis untuk mendorong kehidupan masyarakat agar bisa bergerak di masa pandemi ini.

”Kita patut bersyukur kepada Allah, karena kinerja pembangunan berjalan lancar meski terjadi perlambatan karena penyesuaian kegiatan pembangunan di segala sektor akibat dampak ekonomi global dan covid. Meski demikian semua bisa berjalan berkat kerja keras semua pihak, serta optimisme dan kehati-hatian,” ucapnya.

Isran menjabarkan program prioritas tersebut yakni (1) Peningkatan daya saing sumber daya manusia dan tenaga kerja, (2) Peningkatan nilai tambah dan daya saing produk komoditi unggulan daerah, (3) Penguatan konektivitas dan pemerataan pelayanan infrastruktur dasar, (4) Optimalisasi sumber-sumber pendapatan daerah, penataan perizinan dan pengendalian investasi, (5) Peningkatan kualitas pengelolaan lingkungan hidup dan penataan ruang, serta (6) Peningkatan kinerja tata kelola pemerintah daerah dan kualitas pelayanan publik.

Pada Tahun 2021 pembangunan Kaltim akan menumbuhkan industri hilir yang mendukung ekonomi kerakyatan dan ekonomi kawasan. Selaras dengan recana kerja Pemerintah Nasional, yaitu meningkatkan Industri dan pariwisata berbagai wilayah yang didukung investasi.

”Keselarasan tema pembangunan nasional dan provinsi ini tentunya menjadi modal dasar bagi masuknya program pembangunan dan pendanaan Pemerintah Pusat ke Kaltim tentunya menjadi dukungan pelaksanaan 6 prioritas pembangunan Kaltim,” tambahnya. (cht/as).