Berita

Optimasi Konten Media Sosial dalam Penguasaan Digital

  •   Sefty Wulandari
  •   11 Oktober 2023
  •   11:58am
  •   Berita
  •   840 kali dilihat

Optimasi Konten Media Sosial dalam Penguasaan Digital

Tenggarong - Dalam era digital yang terus berkembang, optimasi konten di media sosial dan produksi konten yang efektif semakin menjadi fokus utama bagi bisnis maupun komunikasi publik secara daring.

Dalam upaya memaksimalkan potensi pemasaran ini, para pelaku bisnis tidak lagi dapat mengabaikan peran penting yang dimainkan oleh platform media sosial.

“Optimasi konten media sosial telah menjadi hal wajib dalam penguasaan digitalisasi. Dengan perubahan algoritma dan preferensi pengguna yang berubah, konten yang relevan dan menarik menjadi kunci untuk mencapai audiens target,”ungkap Rulli Nasrullah selaku narasumber pada Workshop Transformasi Digital Tata Kelola Kemitraan Komunikasi Publik se-Kalimantan Timur gagasan Diskominfo Kaltim berkolaborasi dengan Diskominfo Kukar, 10-11 Oktober 2023.

Kang Arul (sapaan akrab) juga memberikan tips dan trik untuk para peserta dalam membuat konten dengan menggunakan Storyboard atau kerangka cerita sehingga mempermudah visualisasi ide yang dimiliki.

Tak sendiri, Kang Arul didampingi juga oleh Analis Media Sosial, Muh Kholis dalam memberikan pelatihan produksi konten media sosial. Puluhan peserta dilatih berbagai keahlian mulai dari teknik foto, video hingga editing.

Adapun strategi optimasi konten media sosial yang efektif melibatkan beberapa aspek kunci, termasuk penelitian audiens yang mendalam, pemilihan platform yang sesuai, fokus pada konten visual yang berkualitas, konsistensi dalam posting, dan analisis audiens yang cermat.

Melalui kegiatan ini diharapkan peserta dapat meningkatkan produksi konten media sosial yang efektif. Penggunaan storytelling dalam storyboard dan pembangunan merek juga menjadi fokus utama dalam menciptakan hubungan yang lebih dalam dengan audiens. (sef/pt)

 

Foto : Teguh