Berita

Muhammadiyah Gelar Salat Id di GOR Segiri

  •   Khajjar Rohmah
  •   9 Juli 2022
  •   12:39pm
  •   Berita
  •   298 kali dilihat


Samarinda - Ratusan jamaah Muhammadiyah memadati halaman GOR Segiri untuk melaksanakan ibadah salat Iduladha 1443 Hijriyah. Pelaksanaan shalat dimulai pada Sabtu pagi, pukul 07.15 Wita.

Kepala Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Samarinda, Abdullah, turut hadir mewakili Wali Kota Samarinda, Andi Harun.

Dalam sambutannya, Abdullah mengajak para jamaah untuk mengambil ibrah dalam perayaan Hari Raya Haji.

"Ibadah haji mengajak kita semua menjalankan hidup secara Islami. Bahwa manusia memiliki kesetaraan yang sama di mata Allah," ujar Abdullah di depan para jemaah Muhammadiyah saat menyampaikan sambutan.
 
Abdullah juga menyatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda turut menghargai dan menjaga kenyamanan mau pun keamanan bagi jamaah Muhammadiyah yang merayakan Iduladha lebih dulu dari jadwal yang ditetapkan pemerintah pusat.

Untuk diketahui, pemerintah menetapkan Hari Raya Iduladha pada Minggu, 10 Juli 2022. Sementara Muhammadiyah, menetapkan Hari Raya Iduladha sehari lebih cepat. Yakni pada Sabtu, 9 Juli 2022.  

"Segenap jajaran Pemkot Samarinda mengucapkan selamat Iduladha bagi para jamaah Muhammadiyah," ucapnya.
Pelaksanaan shalat Iduladha di GOR Segiri dipimpin oleh imam shalat, Muhammad Farhan Jihad Sani. Serta bertindak sebagai khatib, Wakil Rektor Universitas Muhammdiyah Kalimantan Timur (UMKT), Suwoko.  


Dalam khotbah yang disampaikan, Suwoko menyebut ibadah qurban dalam Hari Raya Iduladha mengajarkan arti pengorbanan. Yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim AS saat mengorbankan anaknya, Ismail AS untuk disembelih atas perintah Allah SWT.

Kemudian, Allah mengganti pengorbanan Ismail dengan seekor domba yang diturunkan dari langit. Dari sana lah, sejarah penyembelihan hewan qurban diperingati hingga sekarang oleh umat muslim, sambungnya.

"Pengorbanan Ibrahim, menunjukkan hamba yang taat kepada Allah. Bentuk ketaatan kita, dengan mengurbankan sebagian harta kita dalam bentuk sedekah hewan qurban," tambah  Suwoko.

Dalam kesempatan tersebut, Suwoko juga mengajak para peserta shalat Iduladha, untuk mendoakan rombongan jamaah haji asal Indonesia yang saat ini tengah melakukan ibadah di Tanah Suci Mekkah. Agar dalam keadaan sehat dan kembali sebagai haji yang mabrur, serunya. (KRV/pt)