Berita

Momentum Satukan Langkah Insan Kehumasan, Forum Bakohumas 2022 se Kalimantan Timur Kembali Digelar

  •   Khajjar Rohmah
  •   1 November 2022
  •   11:15am
  •   Berita
  •   286 kali dilihat

Samarinda - Setelah dua tahun vakum karena pandemi, Forum Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) kembali digelar.

Kegiatan ini sekaligus menjadi momentum dalam menyatukan langkah dan peran seluruh insan kehumasan. Terutama dalam menyambut pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Benua Etam. Sesuai dengan tema yang diangkat dalam Forum Bakohumas tahun ini, yakni Peran Kehumasan dalam Menyambut Kehadiran IKN dan Masa Depan Sumber Daya Manusia (SDM) Kalimantan Timur.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Provinsi Katim, Muhammad Faisal menyampaikan, Forum Bakohumas adalah wadah koordinasi dan kolaborasi seluruh insan Kehumasan. Dalam hal penyebarluasan informasi terkait soal IKN dan kesiapan SDM Kaltim.

"Kita harus meningkatkan kerja sama profesi humas dalam rangka mempublikasikan IKN dan kesiapan SDM Kaltim yang berkontribusi pada pembangunanan IKN di Kaltim," kata Faisal saat memberikan sambutan dalam Forum Bakohumas se Kaltim di Hotel Aston Samarinda, Selasa (1/11/2022) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Faisal juga menginformasikan bahwa pembangunan fisik IKN akan dimulai tahun ini. Dalam waktu dekat, groundbreaking pembangunan IKN akan segera dilaksanakan. Bahkan beberapa proyek pembangunan infrastruktur IKN, seperti istana negara dan kantor kesekretariatan  sudah memasuki proses lelang tender.

"Insha Allah semua on the track. Jadi jangan ada lagi pertanyaan, betul kah IKN di Kaltim?" pinta Faisal.

Faisal juga menekankan, melalui Forum Bakohumas, ia meminta kepada seluruh insan Kehumasan untuk merapatkan barisan. Karena dalam waktu dekat, Kaltim akan memasuki kostestasi politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Dalam era kontestasi politik itu, akan banyak sekali berita hoaks. Jadi mari kita persatukan peran humas untuk menangkal hoaks dan memberikan informasi secara bertanggung jawab sesuai fakta yang ada," tegasnya.

Staf Ahli Gubernur Bidang Reformasi Birokrasi dan Keuangan Daerah Provinsi Kaltim, Drs. Diddy Rusdiansyah Anan Dani mewakili Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim, hadir untuk membuka acara.

Diddy menyampaikan, sudah menjadi kewajiban seluruh warga Kaltim dalam mendukung IKN sesuai dengan keterampilan dan kapasitas masing-masing. Termasuk dalam hal ini, insan kehumasan. Forum Bakohumas ia minta, lebih aktif lagi dalam menyosialisasikan pembangunan IKN kepada publik.

"Peran Kehumasan baik di kantor dan lembaga pemerintahan sudah cukup baik dalam mendukung kegiatan pemerintah terkait IKN, tapi saya minta ini ditingkatkan lagi," ujarnya.

Forum Bakohumas kata dia, perlu menjalin kerja sama sinergis dengan Kehumasan seluruh Perangkat Daerah (PD). Terlebih saat ini, media massa semakin maju dan berkembang pesat. Kehumasan perlu meningkatkan keterampilan dalam mengeluarkan produk jurnalistik agar tidak kalah cepat dengan media mainstream.

"Media online sekarang sangat cepat, hitungan menit sudah terbit. Kehumasan jangan sampai tertinggal," pungkasnya.

Terakahir ia berpesan, Bakohumas berperan penting dalam menjalankan perannya secara maksimal. Memberikan informasi publik tentang kinerja pemerintahan secara bertanggung jawab. Agar menjadikan masyarakat cerdas dan memahami teknologi informasi.

Acara dilanjutkan dengan pemencetan tombol bersama yang menandai seremonial pembukaan Forum Bakohumas se Kalimantan Timur. Kemudian penyerahan plakat dari Diskominfo Kaltim kepada narasumber, dan foto bersama peserta forum Bakohumas.

Bertindak sebagai narasumber dalam acara ini, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi, Mantan Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertran) Kaltim Rozani Erawadi.

Lebih dari seratus orang peserta  perangkat humas di lingkup perangkat daerah pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, organisasi vertikal, BUMN/BUMD, perguruan tinggi, serta rumah sakit, hadir dalam Forum Bakohumas yang digelar oleh Diskominfo Kaltim ini.  (KRV/pt)