Berita

Momentum HUT RI, Wagub Hadi Harapkan Masyarakat Kaltim Lebih Sejahtera

  •   Khajjar Rohmah
  •   16 Agustus 2023
  •   3:46pm
  •   Berita
  •   211 kali dilihat

Samarinda - Menandai momen sakral Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia, Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi berbicara mengenai harapannya agar masyarakat Bumi Etam bisa meraih tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi.

Pernyataan ini disampaikannya setelah menghadiri Rapat Paripurna ke-25 DPRD Provinsi Kaltim dengan Agenda Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam Rangka Perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan Tahun 2023.

"Harapan kita di momen 78 tahun Indonesia merdeka, masyarakat Kaltim lebih sejahtera," ujar Hadi saat doorstop bersama awak media di Gedung B Kantor DPRD Kaltim, Karang Paci Samarinda, Rabu (16/8/2023). 

Orang nomor dua Benua Etam ini juga menyatakan rasa syukurnya atas pencapaian tertinggi dalam sejarah APBD Kaltim pada tahun ini. Yakni mencapai angka Rp 25,32 triliun. Naik dari anggaran awal senilai Rp 17,20 triliun.

"Dengan perjuangan dari Bapak Gubernur dan masyarakat Kaltim, kita berhasil mencapai angka APBD Rp 25 triliun. Ini adalah hasil dari penambahan anggaran di luar PAD (Pendapatan Asli Daerah). Seperti insentif dana emisi karbon dari Bank Dunia, DBH Sawit, pajak alat berat, PKP2B dan sumber lainnya," jelas Hadi.

Hadi juga memberikan dukungannya terhadap kebijakan pemerintah pusat yang tengah berfokus pada pengembangan proyek hilirisasi untuk meningkatkan perekonomian negara. Terlebih, Kaltim memiliki banyak komoditas ekspor berbasis Sumber Daya Alam (SDA) yang dapat dikembangkan menjadi produk hilirisasi dengan nilai jual lebih tinggi.

"Majunya sektor hilirisasi dalam lima tahun terakhir telah terlihat, termasuk dalam pembangunan fasilitas hilirisasi nikel dan smelter di Indonesia. Harapan kita di Kaltim juga demikian. Ada pengembangan hilirisasi pada sektor batu bara, sawit dan produk turunannya," pungkas Hadi. (Krv/pt)