Berita

MIPI Berikan Pengetahuan dan Informasi Terkait Pemilu Demi Kelancaran Pesta Demokrasi

  •   Ade Putri
  •   28 September 2021
  •   6:37pm
  •   Berita
  •   404 kali dilihat

Samarinda – Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) laksanakan webinar dengan tema “Sukses Pemilu dan Pilkada Serentak tahun 2024 di tengah pandemi Covid-19?”.

Pelaksanaan webinar melalui virtual zoom meeting, juga diikuti Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (28/9).

Wakil Ketua IV Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI), Andi Masrich pada sambutannya mengatakan bagian keenam dari serial webinar ini merupakan komitmen MIPI dalam memberikan pengetahuan dan informasi terkait Pemilu. Serta dia berharap akan ada kebijakan atau peraturan yang akan memperlancar pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

“Pemilu, Pilkada 2024 diperlukan kebijakan-kebijakan atau peraturan yang memungkinkan para peserta penyelenggara Pemilu melaksanakan kegiatan,” ujarnya.

Masrich juga menyampaikan untuk upaya menghindari kerumunan masyarakat diperlukannya mengurangi jadwal-jadwal kampanye.

“Jangan sampai kasus Covid-19 yang sudah landai ini mengalami peningkatan lagi dikarenakan kerumunan dari masyarakat tersebut,” pintanya.

Untuk jadwal digelarnya Pemilu dan Pilkada dia menuturkan mungkin saja dapat dilaksanakan pada bulan Mei atau Juni tetapi tergantung kembali dengan keputusan Pemerintah bersama DPR RI, beber Masrich.

Kegiatan yang digelar oleh MIPI itu menghadirkan beberapa narasumber hebat yaitu, Ach. Baidowi Anggota DPR RI Fraksi PPP, Mardani Anggota DPR RI Fraksi PKS, Arief Budiman Anggota KPU RI, Rahmat Bagja Anggota Bawaslu RI, Engelbert Johannes Rohi Wakil Sekjen Komite Independen Pemantau Pemilu, Lucius Karus Peneliti Forum Masyarakat Peduli Perlemen Indonesia dan James Robert Pualillin Dosen IPDN serta Wakil Sekjen I MIPI. (ade/pt)