Berita

Meski Sempat Tak Penuhi Syarat, Akhirnya Sa’bani Divaksinasi

  •   chitanichinta
  •   14 Januari 2021
  •   3:52pm
  •   Berita
  •   343 kali dilihat

Samarinda—Penyuntikkan vaksin Covid-19 Sinovac perdana di Kaltim dilakukan di teras Kantor Gubernur Jalan Gajah Mada Samarinda pada Kamis (14/1/2021). Sebanyak 10 pejabat Kaltim masuk dalam daftar penerima vaksin termasuk Sekretaris Daerah Prov. Kaltim Muhammad Sa’bani yang dijadwalkan menerima vaksin pertama kali.

Berdasarkan mekanisme yang sudah dipersiapkan,  setelah dilakukan  pengukuran tekanan darah dan suhu tubuh menggunakan thermal scanner, Calon penerima vaksin seharusnya langsung menuju meja berikutnya untuk disuntik. Namun, tidak demikian dengan Sa’bani yang langsung menuju ke tempat istirahat yang berada di ruang Pandurata sehingga vaksinasi tertunda.

Dikonfirmasi mengenai perihal tersebut, Sa’bani menjelaskan ada batasan tekanan darah tertentu yang menjadi syarat untuk dilakukan vaksinasi, tapi ternyata dirinya memiliki tensi diatas syarat. Sehingga ia harus beristirahat sejenak untuk menormalkan tekanan.

“Tadi ada batasan tekanan tertentu yang menjadi syarat, tapi ternyata tensi saya diatas syarat. Saya pikir satu-satunya yang di atas ambang normal, ternyata kawan-kawan lain juga ada seperti pak Pangdam dan Wakajati. Namun setelah istirahat beberapa saat, tensi kembali normal akhirnya saya bisa divaksinasi,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kaltim dr. Padilah Mante Runa menuturkan adanya batasan tekanan darah sebagai syarat vaksin yakni dibawah 140mm/hg.

“Kalau diatas syarat tensinya, harus ditunda dulu. Belum bisa divaksinasi,” tuturnya. (cht/as).