Berita

Menuju Pesta Demokrasi, Faisal Ajak Seluruh Masyarakat Pahami Etika dalam Dunia Digital Hingga Bijak Bermedia Sosial

  •   Sefty Wulandari
  •   20 Oktober 2023
  •   10:01pm
  •   Berita
  •   826 kali dilihat

Menuju Pesta Demokrasi, Faisal Ajak Seluruh Masyarakat Pahami Etika dalam Dunia Digital Hingga Bijak Bermedia Sosial

Samarinda – Jelang pesta demokrasi, Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Faisal mengajak untuk memahami etika pentingnya untuk bijak dalam bermedia di era digitalisasi saat ini.

Hal ini disampaikannya saat menjadi narasumber dalam sebuah acara diskusi publik gagasan Jurnalis Milenial Samarinda yang mengangkat tema yaitu "Baliho Bertebaran, Sosialisasi atau Kampanye?" Jum’at (20/10/2023) sore di Bagio’s Café dan Resto Samarinda.

Menanggapi fenomena ujaran kebencian yang juga masih marak beredar terutama di media sosial, Ketua ASKOMPSI ini mengajak seluruh pihak untuk dapat bijak dalam bermedia sosial. Dirinya menekankan pentingnya memahami peran media sosial dan internet dalam mendukung proses demokrasi yang sehat.

"Media sosial memiliki pengaruh besar dalam membentuk opini masyarakat. Oleh karena itu, kita perlu bijak dalam bermedia sosial, terutama di masa Pemilu. Gunakan platform ini sebagai alat untuk mendiskusikan isu-isu politik, tetapi juga harus waspada terhadap penyebaran berita palsu dan konten provokatif," imbuhnya.

Terkait tema diskusi sore hari itu, Faisal menyampaikan bahwa pemerintah telah menerbitkan regulasi yang jelas mengenai pemasangan baliho dalam konteks kampanye politik. Namun, ketika baliho-baliho serupa bertebaran tanpa izin yang jelas, hal ini bisa membingungkan masyarakat dan menimbulkan spekulasi.

“Regulasinya sudah jelas diatur. Semua pihak juga tentu menjalankan fungsi dan perannya masing-masing untuk menciptakan suasana Pemilu yang kondusif. Dalam hal ini perlu juga pentingnya transparansi dalam setiap bentuk sosialisasi ataupun kampanye nantinya, yang telah diatur dengan batasan-batasan yang sudah jelas dan harus dipahami, sehingga jelas juga nanti pesan yang tersampaikan. Kembali, sesuai dengan regulasi, ” jelasnya.

Bersama puluhan awak media, aliansi jurnalis dan seluruh undangan terkait yang hadir dalam diskusi di sore hari itu Faisal dan narasumber lainnya yaitu Ketua Bawaslu Kaltim Hari Dermanto dan Anggota KPU Kaltim Mukhasan Ajib menandatangani MoU dan deklarasi pemberitaan berimbang bagi awak media dan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk berpartisipasi pada pemilihan kali ini. (sef/pt)