Berita

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Kembali Kunjungi IKN

  •   pipito
  •   23 April 2021
  •   11:03pm
  •   Berita
  •   414 kali dilihat

PENAJAM- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa kembali berkunjung di Kawasan Ibu Kota Negara Baru (IKN).

Kunjungan tersebut dalam agenda Kunjungan Kerja Peninjauan Sarana Infrastruktur IKN di wilayah Kecamatan Sepaku, Kamis ( 22/4/2021).

Didampingi Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor dan Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Abdul Gafur Mas’ud (AGM) secara langsung meninjau pembangunan Bendungan Semoi, Sepaku serta memastikan progres pembangunan pendukung sarana infrastruktur IKN Baru.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa mengatakan Bendungan ini nantinya sebagai pendukung sarana pemenuhan air bersih untuk kebutuhan air di wilayah IKN. Diharapkan dapat terus berprogres dengan baik seiring dengan persiapan Ibu Kota Negara Baru kedepan, “ tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Kaltim, Dr H Isran Noor mengungkapkan progres pembangunan Bendungan Sepaku Semoi di Desa Tengin Baru, Sukomulyo dan Argomulyo Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara sudah mencapai 40-50 persen.

"Melihat perkembangannya tadi bagus, sudah 40-50 persen progresnya ditarget rampung akhir 2021 ini," ujar Gubernur.

Selain itu, Bupati PPU, Abdul Gafur Mas’ud dalam kesempatannya usai mendampingi Kunjungan menteri PPN/Kepala Bappenas hari ini dalam rangka untuk memastikan pembangunan bendungan air yang ada di wilayah Semoi Sepaku mengingat ini merupakan bagian sarana pendukung infrastruktur IKN.

"Alhamdullilah sarana bendungan air ini sedang berjalan dan ini merupakan salah satu keseriusan akan persiapan IKN baru di wilayah Sepaku Kabupaten PPU," bebernya.

Lanjut, AGM menjelaskan kunjungan dan peninjauan sarana infrastruktur IKN hari ini merupakan bagian dari menghimpun sejumlah laporan dan kelayakan kawasan pendukung IKN oleh Mentri PPN/ Bappenas dan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo.

"Tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat dilaksanakan peletakan batu pertama IKN Baru usai kunjungan menteri PPN/ Kepala Bappenas pada penentuan titik kawasan IKN beberapa waktu lalu, " pungkasnya.

Usai kunjungan kerja di kawasan pembangunan infrastrukur bendungan air, jajaran Menteri PPN/Bappenas bersama Gubernur Kaltim melaksanakan buka puasa bersama di kediaman Gues House Bupati, AGM dan dilanjut dengan sholat berjamaah serta disambung dialog bersama perwakilan Akademisi, Toko Masyarakat dan Tokoh Agama di Wilayah Kecamatan Sepaku.

Diketahui, Bendungan Sepaku Semoi merupakan Proyek SNVT Pembangunan Bendungan Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR. Bendungan ini akan dipakai untuk menahan air dengan debit kurang lebih 10 juta meter kubik dengan volume efektif bersihnya 6 juta meter kubik. Bendungan ini akan memasok air baku untuk wilayah Kota Balikpapan dan Penajam Paser Utara yang selama ini hanya mengandalkan waduk Teritip, Waduk Manggar dan sumur-sumur dalam sebagai sumber air baku. (humasppu/pt)