Berita

Menkominfo Buka DTI-CX 2023, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan Melalui Transformasi Digital

  •   Khajjar Rohmah
  •   26 Juli 2023
  •   2:05pm
  •   Berita
  •   591 kali dilihat

Jakarta - Acara tahunan, Digital Transformation Indonesia Conference and Expo (DTI-CX), kembali digelar tahun ini. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi hadir secara langsung untuk membuka forum teknologi digital tersebut.  

DTI-CX merupakan forum teknologi digital yang menggabungkan konsep konferensi dan ekshibisi untuk mempertemukan seluruh pemangku kepentingan di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Baik dari sektor pemerintahan, pelaku usaha, organisasi, asosiasi, maupun profesional.

Tema DTI-CX tahun ini adalah "Mencapai Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan Melalui Transformasi Digital". DTI-CX 2023 akan fokus pada akselerasi peran digitalisasi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dalam keynote speech-nya, Menteri Kominfo RI, Budi Arie Setiadi, menyatakan bahwa transformasi digital saat ini telah menjadi kebutuhan masyarakat, baik di tingkat lokal maupun global. Oleh karena itu, Kemkominfo berkomitmen untuk memperluas akses teknologi digital ke seluruh wilayah di tanah air.

"Bahkan dengan penetrasi internet mencapai 78 persen dari populasi, kita masih merasakan kesenjangan akses teknologi dan konektivitas digital di berbagai dimensi, baik dalam aspek ekonomi, sosial, maupun spasial," ungkap Budi di depan para peserta Opening Ceremony DTI-CX 2023, yang diselenggarakan di Conference Room I, Grand Ballroom JIEXPO Convention Centre & Theatre Jakarta, Rabu (27/7/2023).

Guna menghadapi berbagai tantangan yang ada, lanjut Budi, transformasi digital perlu digalakkan secara kolaboratif agar dampak dan manfaatnya dapat dirasakan secara inklusif dan berkelanjutan.

"Saya dan seluruh jajaran di Kementerian Kominfo memiliki tugas tidak hanya sebagai regulator, namun juga sebagai fasilitator dan akselerator transformasi digital. Kami berkomitmen untuk melanjutkan implementasi agenda transformasi digital nasional yang mencakup infrastruktur digital, tata kelola pemerintahan digital, ekonomi digital dan masyarakat digital," terangnya.

Acara pembukaan ditandai dengan penekanan tombol digital cube oleh Menkominfo didampingi oleh Presiden Director DTI-CX Turangga Putra, Chairman MASTEL Sarwoto Atmosutarno, Ketua APPJI Muhammad Arif, dan Presiden Director Telkom Indonesia, Ririek Ardiansyah.

DTI-CX akan berlangsung selama dua hari, yakni pada Rabu dan Kamis, 26-27 Juli 2023. Selain menghadiri konferensi, para peserta juga dapat mengunjungi expo yang menampilkan berbagai macam produk dan layanan jasa digital.

Pada salah satu sesi diskusi panel, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Faisal, juga hadir sebagai salah satu pembicara. Dengan tema diskusi, "Shaping The Future of Indonesia's Smart Cities Through Digital Transformation." (Krv/pt)