Berita

Menjaga Khasanah Budaya Tugas Dekranasda

  •   Teguh Prasetyo
  •   7 Desember 2021
  •   9:28am
  •   Berita
  •   471 kali dilihat

Ujoh Bilang - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kaltim,  Norbaiti Isran Noor didampingi Wakil Ketua Erni Makmur menyaksikan Pelantikan Dekranasda Kabupaten Mahakam Ulu.

Yovita Bulan Bonafasius selaku Ketua Dekranasda Mahakam Ulu melantik Kepengurusan tersebut, bertempat di Lamin Adat Mahulu, Senin (6/12/2021).

Yovita bertekad menggeliatkan berbagai produk kerajinan tangan khas Mahakam Ulu. Ia cukup yakin berbagai kriya kreatif di Mahulu layak dipromosikan, sekaligus menghidupkan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Selain dikenal dengan seni ukir khas beragam, penduduk lokal di Mahulu memiliki kerajinan tangan berupa kain rajutan tangan bernama sulam Laq. Kain rajutan tangan tersebut memiliki corak beragam. Mulai ukiran flora dan fauna serta ukiran dengan warna cerah.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kaltim,  Norbaiti Isran Noor menuturkan  Kepengurusan Dekranasda di Mahakam Ulu ini sungguh luar biasa. Anggotanya sangat super, kenapa? Karena  semua kepala dinas dilibatkan, tugas pengurus untuk menjaga kerajinan yang dimiliki Mahakam Ulu ini tidak hilang," tutur Norbaiti.

Menjaga dan melestarikan tradisi budaya  merupakan tugas Dekranasda Mahakam Ulu untuk terus gali potensi besar yang ada, tambahnya.

Selamat dan sukses kepada pengurus Dekranasda Mahulu, kekuatan pengurus sungguh luar biasa, gunakan kekuatan ini untuk menjaga khasanah budaya daerah kita, ajaknya seraya berpesan.

"Melestarikan budaya sama dengan menjaga daerah kita, sama dengan menjaga negara kita. Pengrajin Kalimantan Timur sekarang telah menggeliat dan meningkat, oleh karena itu mari kita jaga daerah kita dengan melestarikan warisan daerah kita," ujar Ketua Dekranasda Kaltim penuh semangat.

Anyaman, Batik dan Tenun menjadi fokus Dekranasda Kaltim. Dengan kepengurusan yang baru ini Norbaiti berharap dapat mengangkat rasa kecintaan terhadap budaya kita. (tp/pt)