Berita

Menghias Jajanan Tradisional Khas Kaltim Meriahkan Hut ke-67 Provinsi Kaltim

  •   Hendra Saputra
  •   11 Januari 2024
  •   4:12pm
  •   Berita
  •   306 kali dilihat

Samarinda - Pesta Rakyat Kaltim 2024 "Tema Mama Ceria" menambah keceriaan dalam perayaan Hut ke-67 Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2024 dengan menggelar Lomba Menghias Jajanan Tradisional Khas Kaltim. Acara ini digelar di Halaman Panggung Outdoor PRK GOR Kadrie Oening Sempaja Samarinda pada Kamis (11/1/2024).

Muhammad Reza, salah satu Dewan Juri Lomba, mengungkapkan kegembiraannya terhadap kreativitas yang tinggi dari para peserta, khususnya para ibu yang berpartisipasi. Ia mencatat bahwa ada berbagai jenis kue tradisional yang muncul, bahkan beberapa di antaranya jarang terlihat di pasar atau dijual.

Reza memberikan contoh kue kekicak yang menggunakan sagu, yang menarik perhatiannya karena dibuat dengan resep keluarga. Menurutnya, jenis-jenis kue seperti ini memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut, dan ia mendorong ibu-ibu PKK untuk mengembangkan berbagai jenis masakan kue tradisional Kalimantan.

Selain sebagai ajang perlombaan, kegiatan ini juga dianggap sebagai sarana untuk memacu kreativitas, mengasah kemampuan dan meningkatkan talenta peserta.

Ketua DWP Diskominfo Kaltim, Ima Chelwina Faisal, mengungkapkan bahwa perlombaan ini juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara sesama pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Mila Dina Fery,salah satu peserta dari DWP Bidang Pendidikan Diskominfo Kaltim, berpasangan dengan Ketua DWP Diskominfo Kaltim, Ima Chelwina Faisal, menyampaikan tema kue jajanan tradisional Khas Kaltim yang mereka hias dalam perlombaan, yaitu "Bloom !!! 2024 Kaltim Bersemi."

Adapun Pemenang Lomba Menghias Jajanan Tradisional Khas Kaltim adalah sebagai berikut: Juara 1 DWP RSUD AWS, Juara 2 DWP PUPR & PERA Kaltim dan Juara 3 DWP Diskominfo Kaltim. (hend/pt)