Berita

Mendag RI Zulkifli Hasan: Kerja Sama Kunci Pertumbuhan Ekspor di Indonesia

  •   Sefty Wulandari
  •   30 Agustus 2023
  •   8:16pm
  •   Berita
  •   458 kali dilihat

Mendag RI Zulkifli Hasan: Kerja Sama Kunci Pertumbuhan Ekspor di Indonesia

Jakarta - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menyatakan bahwa sektor ekspor di Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan yang positif. Meskipun demikian, langkah-langkah konkret harus terus diambil untuk memastikan pertumbuhan ini berkelanjutan.

Menurut Zulhas (sapaan akrab), salah satu kunci keberhasilan ini adalah kerja sama antara berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, pemangku kepentingan dan pemerintah pusat. Dia menjelaskan hal ini dalam acara Merdeka Awards yang berlangsung di Jakarta pada Rabu (30/08/2023).

"Saya telah belajar dari pengalaman Vietnam. Mengapa Vietnam bisa tumbuh begitu cepat dibandingkan kita? Mereka berhasil mencapai swasembada beras, produksi udang mereka melampaui kita dan industri sepatu mereka juga mengungguli kita. Kunci kesuksesan mereka adalah kerja tim yang solid antara pemerintah daerah, gubernur, pemerintah pusat, media dan sektor swasta. Semua pihak ini bekerja bersama-sama untuk meningkatkan kinerja ekspor," ujar Zulhas.

Dengan begitu dirinya menyimpulkan, salah satu kunci keberhasilan ini adalah kerja sama antara berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, pemangku kepentingan dan pemerintah pusat.

"Karena mereka satu tim, ya bupatinya, gubernurnya, pemerintah pusatnya, medianya, swastanya, semua satu tim, yang harus kolaborasi, kerja sama agar kinerja ekpor meningkat pesat," imbuhnya.

Selain kerja sama, Mendag Zulhas juga menguraikan beberapa langkah konkret yang diambil oleh pemerintah untuk mendukung pertumbuhan sektor ekspor. Salah satunya, adalah pembangunan jalan tol perdagangan (tol way), yang akan membuka akses perdagangan dengan negara-negara di ASEAN.

Ia juga mengungkapkan meskipun baru satu tahun menjabat Menteri Perdagangan, dia berupaya untuk mempercepat penyelesaian segala perjanjian dagang agar mempermudah dan mendukung kegiatan ekspor Indonesia.

"Kita percepat agar kita selesaikan," ucap Zulhas.

Sebagai informasi, bersama Kemendag Zulhas memiliki berbagai upaya dan program prioritas untuk mendukung ekspor di antaranya penyelesaian penandatangan perjanjian perdagangan internasional pada 2024, percepatan penyelesaian perundingan perdagangan internasional prioritas, dan percepatan penyelesaian ratifikasi perdagangan internasional. (sef/pt)

Foto : Adg