Berita

Melalui Pemanfaatan Teknologi Inovasi Digitalisasi Mempercepat Pembangunan Daerah

  •   Rizky Yusuf
  •   30 Agustus 2023
  •   7:55am
  •   Berita
  •   530 kali dilihat

Samarinda - Gubernur Kalimantan Timur Dr. Ir. H. Isran Noor menghadiri Malam ramah tamah dengan peserta Jambore Inovasi Kalimantan (JIK) dan Inovasi Nusantara Tahun 2023 bertempat di Odah Etam, Selasa (29/8/2023) malam bertempat di Pendopo Odah Etam, Selasa(29/8/2023).

Hadir pada malam itu Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN, Kepala LAN RI Dr Muhammad Taufik, Kepala Dinas Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim Dra. Nina Dewi, serta BPSDM Regional se Kalimantan.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Isran mengucapkan selamat kepada para tamu dari berbagai daerah di Kalimantan yang
besok akan mengikuti pembukaan Jambore Inovasi Kalimantan dan Inovasi Nusantara Tahun 2023 bertempat di gedung Convention Hall Sempaja.

"Mudah-mudahan kegiatan Jambore inovasi ini bisa dapat memberikan sebuah motivasi dan semangat bagi kita semua untuk lebih berkembang dan maju di suasana lingkungan strategis dengan berbagai macam teknologi informasi yang berada di sekitar kita,"ucap orang nomor satu di Bumi Etam.

Isran juga mengatakan bahwa, tidak ada pilihan lain ketika kita berada dalam suasana kemajuan teknologi informasi ini membuat kita juga harus dapat menyesuaikan diri.

Disebutkannya bahwa Pemprov Kaltim juga telah banyak melakukan inovasi inovasi yang memanfaatkan kemajuan melalui sistem digitalisasi.

Salah satu contoh yang sudah dilaksanakan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Prov. Kaltim dimana sistem pembayaran pajak kendaraan melalui online.

"Sebab kalau kita tidak mau atau tidak mengikuti dengan kondisi lingkungan strategis dengan teknologi informasi yang kian berkembang itu pasti kita akan ketinggalan," Jelas Isran Noor dihadapan peserta.

Apalagi sekarang di zaman yang canggih juga ada teknologi yang bernama AI, sebuah platform digital yang menggabungkan teknologi kecerdasan buatan untuk memaksimalkan pengelolaan dan penyampaian konten pendidikan dan pengalaman belajar.

"Jadi kemajuan teknologi informasi itu jauh berada di depan daripada kemajuan yang didapat oleh manusia," tambahnya. 

Turut hadir Kepala Dinas PUPR PERA Kaltim Aji Muhammad Fitra Firnanda, Kepala Bapenda Kaltim Ismiati, Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Jaya Mualimin, serta pejabat struktural di lingkungan Pemprov Kaltim.(rey/pt)