Berita

Masyarakat Harus Selektif Memilih Hewan Kurban

  •   prabawati
  •   2 Juli 2021
  •   3:50pm
  •   Berita
  •   449 kali dilihat

Samarinda - Menjelang Hari Raya Idul Adha masyarakat diimbau untuk lebih berhati-hati dalam memilih hewan ternak yang akan dikurbankan.

Sebagai pembeli masyarakat harus selektif dalam membeli hewan kurban baik sapi maupun kambing yang memiliki surat kesehatan hewan.

"Masyarakat harus pintar-pintar menanyakan kepada penjual apakah ada surat kesehatan hewan sebelum membeli," ungkap Plh. Kabid Pasca Panen dan Kemavet Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim drh. Diah Anggriani, saat menjadi narasumber dialog interaktif baru-baru ini.

Yang harus diperhatikan masyarakat saat membeli hewan kurban diantaranya hewan yang ditempeli stiker sehat yang telah diperiksa oleh Dinas Peternakan setempat.

Selain itu, ada bebarapa kriteria hewan kurban yakni harus cukup umur untuk sapi minmal 2 tahun dan kambing 1 tahun, tidak ada luka, mata bersih, kulitnya bersih serta anusnya bersih.

Untuk memastikan hewan yang dijual sehat dan terjamin, pihaknya juga akan melakukan pengecekan kesehatan hewan di kalangan peternak dan pedagang.

Dalam pengecekan lapangan akan dilakukan secara menyeluruh jika kondisinya sehat maka hewan kurban tersebut akan diberikan stiker.

Begitu pula sebaliknya jika terdapat hewan yang tidak sehat maka harus diisolasi dikeluarkan dari kandang dan nanti akan dilakukan pengobatan dari dokter hewan.

Tambahnya pengecekan hewan kurban akan dilakukan sampai dipemotongan. Dimana tim akan turun langsung untuk memastikan daging yang diedarkan layak untuk dikonsumsi.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa konsumen yanga membeli ternak kurban ini betul-betul mendapatkan ternak kurban yang sesuai dengan syariat islam. (Prb/ty)