Berita

Lepas Jabatan Gubernur Kaltim, Isran Noor: Saya Balik Jadi Pengusaha 

  •   Khajjar Rohmah
  •   4 Oktober 2023
  •   11:18pm
  •   Berita
  •   6732 kali dilihat

Samarinda - Masa kepemimpinan Isran Noor sebagai Gubernur Kaltim periode 2018-2023 resmi berakhir per 30 September 2023 lalu. 

Praktis pada awal Oktober, ia sudah tidak lagi menjabat sebagai orang nomor satu Benua Etam. Kemudian pada 2 Oktober 2023, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melantik Akmal Malik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim menggantikan Isran Noor. 

Melepas jabatan sebagai Kaltim Satu (KT1), Isran mengaku kembali menjalani profesi lamanya sebagai seorang pengusaha. Hal itu ia sampaikan secara eksplisit melalui gaya tampilan berbeda saat menghadiri momen pisah sambut bersama Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik, Rabu (4/0/2023). 

"Sebenarnya hari ini diminta Pakaian Sipil Lengkap (PSL) tapi sudah diwakili mantan Wagub (Hadi Mulyadi). Pakaian seperti saya ini, kembali menjadi pengusaha," ujar Isran yang mengenakan office look dengan setelan atasan jas krem serta hem dan celana putih. Berbeda dengan para pejabat Pemprov Kaltim yang mengenakan PSL hitam.

Usai mengikuti kegiatan itu pun, Isran langsung bergegas pergi menuju Jakarta untuk memulai aktivitas bisnisnya. 

"Habis ini, saya berangkat ke Jakarta untuk membuat kesepakatan baru dengan para pengusaha. Besok, jam 1 siang saya mau ke London. Saya bebas sudah," tandas Isran. 

Ia pun meminta restu kepada Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik untuk melanjutkan aktivitasnya di luar Pemprov Kaltim. Tak lupa, Isran juga berpesan kepada jajaran pimpinan tinggi di lingkup Pemprov Kaltim untuk mendukung dan mematuhi kepala daerah saat ini yang dipimpin seorang Pj. 

"Saya izin kepada Gubernur tolong restui saya. Saya tidak sebut Pj karena kewenangannya sama. Selamat melanjutkan kegiatan, ikuti program gubernur kita yang baru," pesan Isran ditujukan kepada Pj Gubernur Akmal Malik dan jajajaran Pemerintah Provinsi. 

Dalam kesempatan itu, Isran juga menyampaikan kata perpisahan dan ungkapan terima kasih kepada seluruh pegawai di Sekretariat Daerah Provinis (Setdaprov) yang membantunya selama bertugas sebagai Gubernur. 

"Bagi pasukan yang membantu saya, nda usah bantu saya lagi. Nda boleh lagi kalian bekerja yang bukan tugasnya. Satpol PP pulang kampunglah kalian," ujar Isran yang disambut dengan riuh para audiens. 

Kegiatan pisah sambut Gubernur Kaltim Periode 2018-2023 dilanjutkan dengan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan Gubenrur Kaltim dan Penyerahan Memori Jabatan Gubernur - Wakil Gubernur Periode 2018-2023 kepada Pj Gubernur, Akmal Malik. (KRV/pt)