Berita

Lepas 20 Regu Peserta Kegiatan Napak Tilas

  •   Bagus Setiawan
  •   26 Desember 2021
  •   3:24pm
  •   Berita
  •   375 kali dilihat

Samarinda- 20 Regu Peserta Kegiatan Napak Tilas dilepas oleh Gubernur Kaltim, dalam hal ini diwakili Kepala Dinas Sosial Prov Kaltim, Agus Hari Kesuma (AHK).  Pelepasan yang berlangsung di Halaman Kantor Kecamatan Sambutan Samarinda, Minggu (26/12).

Agus Hari Kesuma (AHK) mengatakan  pelaksanaan napak tilas perjuangan ditujukan kepada  seluruh masyarakat  yang berada di Kaltim, untuk selalu mengenang  jasa-jasa pahlawan yang rela berjuang demi membela tanah air untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

“Kegiatan inidalam rangka memperingati Hari Pahlawan dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2021. Kegiatan napak tilas ini, di Samarinda  dalam skala kecil ini tentunya ada sisa-sisa atau tapak-tapak sejarah perjuangan para pendahulu kita yang  melakukan sebuah kerja keras dan  kerjs cerdas untuk kemerdekaan bangsa kita," kata AHK sebutan akrab beliau.

Selain itu, kegiatan ini juga  dalam rangka menggali  lagi pahlawan-pahlawan  di Kaltim, dimana saat ini Kaltim sudah ada pahlawan nasional yaitu  Sultan Aji Muhammad Idris yang sudah di sahkan presisden Jokowi tahun ini, tandas AHK.

 

"Oleh karena itu, melalui napak tilas perjuangan ini, tentunya kita juga memberikan pemahaman kepada anak-anak sekolah, masih banyak pahlawan kita yang perlu digali untuk bisa menjadi pahlawan nasional, dan para  pelajar  tidak melupakan jasa-jasa pahlawan kita,"  ujarnya.Tentu kegiatan napak tilas perjuangan ini akan dimodifikasi lagi dan dikembangkan agar pelaksanaanya tidak saja ditingkat pelajar, tetapi juga  bisa diikuti dari berbagai kalangan.

"Baik organisasi kepemudaan, ormas, maupun OPD supaya gaungnya lebih kelihatan,"imbuh AHK.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim, Anwar Sanusi menambahkan kegiatan ini juga sebagai upaya menjalin silaturahmi baik antar pelajar maupun antar sekolah, serta sebagai sarana berolahraga.

Karena ini mengenang jejak para  pejuang terdahulu, kita diharapkan para pelajar tidak melupakan sejarah, apalagi kita baru punya pahlawan Nasional Sultan Aji Muhammad Idris, para pelajar harus mengetahui dan mewarisinya jejak pahlawan yang telah mendahui kita," papar Anwar Sanusi.

 Tampak Hadir Kepala Disdik Kaltim Anwar Sanusi,  Sekretaris  Dinas Kominfo Kaltim, Edi H Noor, Camat Sambutan beserta jajarannya, perwakilan Dispora Kaltim, Kabag Biro Adpim SetdaproKaltim, Lurah  Sambutan,  panitia penyelenggara, serta undangan lainnya. (bgs)