Berita

Lakukan Kunjungan Kerja ke Kutim, Yulia Zubir : Program Kerja PKK Harus Tetap Selaras Dengan Pemerintah

  •   Rizky Yusuf
  •   23 Februari 2024
  •   2:14pm
  •   Berita
  •   316 kali dilihat

Sangatta - Pj. Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Timur dr. Yulia Zubir Akmal Malik secara resmi membuka kegiatan kunjungan kerja dalam Rangka Pembinaan dan Sinergitas 10 Program Pokok PKK bersama OPD terkait bertempat di Gedung wanita, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur, Jum'at (23/2/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat sinergi antara TP PKK Provinsi dan Kabupaten dalam mengimplementasikan program-program pembangunan di tingkat daerah.

Acara dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kutai Timur Ir. Hj. Siti Robiah Ardiansyah Sulaiman, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kutai Timur, Ayub serta berbagai pihak termasuk perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan anggota kepengurusan baik dari Pokja I, II, III, dan IV.

Yulia Zubir dalam kesempatan itu menyampaikan pentingnya kerjasama dan kolaborasi antara pemerintah dan TP PKK dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama melalui program-program PKK.

"Jadi PKK diharapkan harus bersinergi dengan Perangkat Daerah. Saya mengapresiasi TP PKK di Kutim dan jika dilihat bagus sekali sudah bersinergi dengan OPD, terkait program programnya,"puji Yulia Zubir yang juga sebagai Ketua TP PKK pusat Pokja II.

Selain itu, Yulia Zubir juga menyampaikan maksud kunjungannya ke Kabupaten Kutai Timur sebagai upaya untuk menjalin silaturahmi dengan pengurus TP PKK di Kabupaten Kutim serta memberikan semangat untuk tetap bersemangat dalam melaksanakan program-program PKK.

Kemudian ia juga mengapresiasi kepada seluruh pengurus mulai dari tingkat Kabupaten sampai ke desa karena Kutim memperoleh panji panji keberhasilan dari Bidang PKK. Dan Panji tersebut diserahkan langsung oleh Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik pada saat HUT ke 67 Provinsi Kalimantan timur beberapa waktu yang lalu.

3 (Tiga) bidang keberhasilan diantaranya hidang Koperasi dan UMKM, Pendidikan dan TP PKK. Dengan diraihnya penghargaan tersebut membuktikan bahwa TP PKK Kutim telah bersinergi dengan 10 program pokok PKK.

"Selain apresiasi dan penghargaan, kedatangan kami juga memberikan semangat kepada pengurus TP PKK Kabupaten Kutim untuk program, bahwasanya jika diliat dari 10 program ini, kita harus tetap semangat tidak boleh gampang menyerah serta terbuka dengan hal hal yang baru,"ujarnya.

Dalam kunjungan ini juga dibahas mengenai implementasi dan tindak lanjut hasil Rakernas ke-9 tahun 2021. Yulia Zubir menekankan pentingnya melihat pelaksanaan program kegiatan serta mengevaluasi apakah sudah dilaksanakan atau perlu dikembangkan dan ditingkatkan untuk persiapan Rakernas ke-10 di tahun mendatang.

"Karena tahun depan (2025) sudah masuk Rakernas yang ke sepuluh. Jadi sudah berubah lagi, Kami perlu mendapatkan informasi dari semua pengurus. Apa hal hal yang perlu ditingkatkan untuk Rakernas tahun depan,"tambahnya.

Kemudian Hasil dari diskusi dalam kunjungan ini (Kutim) akan dibawa ke Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) di Kota Bontang yang akan dilaksanakan pada minggu ke tiga bulan April tahun 2024. Selain itu, akan ada kegiatan seperti HKG dan Jambore Kader tingkat Nasional di Kota Solo pertengahan bulan Mei tahun 2024.

Acara tersebut juga menyoroti peran TP PKK dalam program-program pembangunan, meskipun tidak memiliki target indikator seperti instansi atau dinas terkait, namun program kerja PKK harus tetap selaras dengan pemerintah.

"Program kerja PKK harus tetap selaras dengan pemerintah. Kita saling sinergi karena kita adalah mitra. PKK dibantu oleh dinas terkait dalam hal fasilitasi,"urainya.

Adapun beberapa program kerja yang akan dilaksanakan selama di Kutim antara lain gerakan go to school menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA), rencana aksi bergizi pemberian tablet tambah darah kepada remaja putri, serta pencanangan kampung literasi dan kampanye makan telur sebagai upaya untuk menurunkan angka stunting.

"Karena kita ketahui bersama bahwa salah satu penurunan angka stunting pertama adalah meningkatkan protein hewani,"ujarnya.

Kunjungan ini juga akan diikuti dengan kunjungan lapangan dari beberapa kelompok kerja (Pokja) yang terdiri dari berbagai program kerja PKK. Semua kegiatan ini dilakukan dalam rangka mencapai tiga misi PKK yang diamanatkan dari Rakernas TP PKK, yaitu menurunkan pandemi Covid-19, menurunkan angka stunting, dan meningkatkan ekonomi keluarga.

Untuk itu dirinya meminta kepada TP PKK yang ada di Kabupaten Kutim untuk terus mengawal program program kerja sampai ketingkat kecamatan hingga desa.

Acara dirangkai dengan pemberian cinderamata oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kutai Timur Ir. Hj. Siti Robiah Ardiansyah Sulaiman kepada Pj Ketua TP PKK Kaltim, dr. Yulia Zubir Akmal Malik dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. (Rey/pt)