Berita

Kutai Kartanegara Giatkan Akselerasi Pembentukan KIM.

  •   Sefty Wulandari
  •   13 Juli 2022
  •   4:57pm
  •   Berita
  •   257 kali dilihat

 Tenggarong – Dipilih sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan Focus Group Discussion (FGD) bertemakan Konsolidasi dan Sinergitas dalam Penyelenggaraan Kemitraan dengan Pemangku Kepentingan antar Kabupaten / Kota di Kalimantan Timur,  Kutai Kartanegara menyambut baik dan dengan hangat hadirnya puluhan peserta yang memadati Hotel Grand Fatma, Jalan Pesut, Tenggarong, Selasa (12/07) lalu.

Tak hanya menjadi tuan rumah, Kukar pun menjadi representatif KIM yang menjadi percontohan bagi wilayah lain dalam hal strategi untuk pembentukan KIM serta penggalian potensi di lingkungan tempat KIM akan dibuat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara, Dafip Hariyanto menyampaikan meski telah berhasil membentuk 96 KIM yang tersebar di desa/kelurahan di Kutai Kartanegara, ini belum menjadi akhir melainkan pemerintah dan masyarakat akan percepat pembentukan secara keseluruhan yakni pada 193 desa/kelurahan yang ada.

“Kim menjadi bagian unsur mitra pemerintah dalam rangka diseminasi informasi, percepatan akselerasinya, dengan 193 desa kelurahan baru 96 , kedepannya kita arahkan semua desa punya KIM.” ungkapnya.

Secara umum hingga saat ini KIM di Kukar sudah berjalan normatif . Seiring dengan eksistensi dari KIM tersebut, pemerintah pun berupaya memfasilitasi sarana prasarana yang dibutuhkan, serta memberikan pembinaan terhadap komunitas masyarakat sadar informasi tersebut. Mengingat KIM sebagai perpanjangan tangan informasi pemerintah kepada masyarakat dan sebaliknya.

“Keberadaan KIM sangat membantu kita dalam rangka untuk diseminasi informasi, bagaimana menangkal hoax dan sebagainya. Dalam pengelolaannya selain dibina oleh pemerintah, kami pun harapkan KIM aktif berkolaborasi dengan banyak pihak,” imbuhnya. (sw/pt)