Berita

KPID Bahas Program Siaran Sambut Bulan Ramadhan

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   7 April 2021
  •   12:15pm
  •   Berita
  •   360 kali dilihat

SAMARINDA— Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) melakukan Silaturahmi bersama Lembaga Penyiaran menyambut Siaran Ramadhan Tahun 2021, Rabu (7/4/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan luring dihadiri oleh Kadiskominfo Kaltim, perwakilan lembaga penyiaran dan MUI Kaltim.

Komisioner KPID Kaltim, Bawon Kuatno menuturkan pertemuan kali ini ingin menggali seberapa besar gema siar ramadhan dan konten yang bisa diterima masyarakat. Serta komitmen menyuguhkan tayangan yang benar-benar bermanfaat di bulan Ramadhan kepada pemirsa dan pendengar.

Tidak hanya itu, tujuan lainnya yaitu, mengingatkan tayangan selama Ramadhan harus menghormati nilai-nilai agama berkaitan dengan pelaksanaan ibadah. Menerapkan panduan siaran bagi lembaga penyiaran di bulan Ramadhan. Memberikan panduan bagi KPID dalam sosialisasi pengawasan terhadap lembaga penyiaran terkait siaran di bulan Ramadhan.

“Kita harus suguhkan ke pemirsa dan pendengar benar-benar yang bermanfaat di bulan Ramadhan. Tentunya dengan bantuan lembaga penyiaran melalui kontribusi positif,” ucapnya.

Karenanya, KPID minta lembaga penyiaran agar mematuhi terkait peraturan penghormatan nilai agama, kesopanan, kesusilaan, dan kepatutan siaran dalam rangka nilai-nilai bulan suci ramadhan. Mengingat pada bulan Ramadhan terjadi perubahan pola menonton televisi dan mendengarkan radio, ajaknya. (cht/pt)