Berita

Kota Bontang Satu-Satunya Yang Memiliki Perda Keterbukaan Informasi

  •   teguh p
  •   23 Maret 2021
  •   1:52pm
  •   Berita
  •   578 kali dilihat

BONTANG- Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Kota Bontang No .06 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan Keterbukaan Informasi Publik Daerah kepada PPID Pembantu, Di Auditorium 3 Dimensi Kota Bontang, Senin (22/3/2021).

Kadis Kominfo Kota Bontang,  Dasuki membuka acara ini mengungkapkan PPID Kota Bontang sudah informatif, kasus sengketa informasi di Bontang Alhamdulillah tidak ada, tidak ada bukan berarti tidak mengerti tapi PPID disini sudah cukup aktif memberikan informasi, jelasnya.

Beban Kominfo kedepan semakin berat karena ditambah berbagai bidang antara lain   bidang Persandian, Statistik dan Kehumasan.

Perubahan mindset admin PPID dilingkup OPD Kota Bontang agar memiliki prinsip keterbukaan kita ambil contoh yang paling kecil adalah suami istri jadi kalo diantaranya tidak jujur maka akan bermasalah jadi kita harus terbuka dan jujur, tegas Dasuki

Jadi harus terbuka terkait pendapatan darimana saja, digunakan untuk apa, itu prinsipnya keterbukaan, tambahnya.

Dasuki berharap pada narasumber agar dapat membuka wawasan para admin PPID Pembantu di Kota Bontang agar tidak hanya buka telinga dan mata namun buka hati para peserta agar kedepan dengan semua OPD mengedepankan Keterbukaan Informasi. Kemudian, dapat menstransfer ilmu dengan cara menyentuh hati para peserta.

"Karena ini sebuah kebutuhan, didalam menjalankan roda pemerintahan di era kekinian, karena kita terus dikontrol oleh masyarakat," papar Dasuki

Kota Bontang satu - satunya di Kaltim yang memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang keterbukaan Informasi, bebernya. 

"Karena kita sudah memiliki perda No.6 tahun 2020 Mudah-mudahan ini satu-satunya di Kabupaten/Kota yang lain belum ada, artinya dari sisi infrastruktur dan struktur sudah ada sekarang tinggal suprastruktur," jelasnya.

Pemerintah Kota Bontang sangat berharap dengan acara ini bisa membangun konstruksi nilai dan prinsip dalam menjalankan tugas.

Acara ini menghadirkan narasumber Kadis Kominfo Kaltim, M. Faisal dan Komisioner Komisi Informasi Kaltim, M. Khaidir serta di hadiri puluhan admin PPID dilingkup OPD Pemerintah Kota Bontang. (teguh p/pt)