Berita

Komitmen Diskominfostandi Mahulu Majukan Sektor TIK

  •   Sefty Wulandari
  •   19 Mei 2023
  •   5:12pm
  •   Berita
  •   446 kali dilihat

Komitmen Diskominfostandi Mahulu Majukan Sektor TIK

Samarinda – Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfosandi) Mahakam Ulu (Mahulu) terus berkomitmen untuk memajukan sektor teknologi informasi dan komunikasi (TK). Salah satunya dalam hal keamanan siber yakni penerapan pemanfaatan sertifikat elektronik dalam layanan Tanda Tangan Elektronik (TTE).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Diskominfostandi Mahulu Markus Wan beserta jajaran pada hari Jum’at (19/05/2023) saat berkunjung ke Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Kunjungan ini pun dalam rangka silaturahmi, pasca ditandatanganinya Perjanjian Kerja Sama (PKS) Pemanfaatan Sertifikat Elektronik dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) belum lama ini.
Mewakili Kepala Diskominfo Kaltim yakni Kepala Bidang TIK Diskominfo Kaltim Dianto menyambut kedatangan rombongan Diskominfostandi Mahulu bertempat di ruang WIEK. Dalam kesempatan tersebut Dianto menerima dengan hangat kehadiran rekan-rekan kominfo dari ujung kawasan Mahakam ini.

“Kami senang sekali kedatangan rekan-rekan dari Diskominfostandi Mahulu hari ini. Melalui ruang diskusi kali ini kita berdialog tentang banyak hal, tentunya seputar TIK dan progress kabupaten Mahulu juga sinergi kita semua di lingkup Provinsi. Harapannya tentu untuk kemajuan di Kaltim,” pungkas Dianto.

Pemanfaatan sertifikat elektronik dalam layanan TTE Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) BSSN membangun kepercayaan pada aspek keamanan informasi, dimana sejalan dengan komitmen Diskominfo dalam keamanan siber. Dengan adanya pemanfaatan TTE ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses birokrasi, sehingga dapat menciptakan pelayanan public yang mudah diakses, cepat, dan tidak berbelit dalam pemrosesan data, serta tersedianya data yang akurat.

Ditemui setelah kunjungan dan dialog bersama, Kadiskominfostandi Mahulu menyampaikan langkah mereka dalam upaya pembangunan dan pengelolaan keamanan informasi ini.

“Beberapa waktu yang lalu kami baru saja menandatangani PKS dengan BSSN dalam upaya pembangunan dan pengelolaan keamanan siber nasional. Otomatis nanti akan diselenggarakan Bimtek. Kami berkunjung ke Diskominfo Kaltim karena server kami disini, oleh karenanya kami ingin meminta masukan dan saran dari rekan-rekan Diskominfo Kaltim, sekaligus bersilaturahmi,” jelas Markus

Di sisi lain, Diskominfostandi Mahulu juga terus berupaya tingkatkan pembangunan Infrastruktur TIK. Sejak tahun lalu pembangunan sejumlah tower atau menara sebagai upaya atasi blank spot sudah dikerahkan. Harapannya, agar seluruh wilayah Mahulu dapat merasakan pelayanan komunikasi yang optimal dan sama setara satu sama lain tanpa ada kesenjangan.

“Sejak Juni 2022 lalu, bersama dengan Bhakti Kominfo, telah dibangun BTS atau menara dari 20 usulan yang kami ajukan, sudah terbangun di kampong-kampung tersebut. kami sangat bersyukur dan beharap masyarakat bisa menikmati pelayanan dengan baik dan menyeluruh,” imbuhnya. (sef/pt)

Foto : Rizki Kurniawan