Berita

Kominfo Siap Jalankan Tugas Walidata Ke Daerah

  •   Leliyana Andriyani
  •   2 Desember 2021
  •   11:24pm
  •   Berita
  •   286 kali dilihat

Samarinda - Penguatan Peran Diskominfo Sebagai Walidata Tingkat Daerah menjadi tema yang dibawakan pada Pelatihan Penguatan Peran Wali Data Kukar yang berlangsung di Hotel Harris Samarinda, Selasa (2/12).

Kepala Bidang Statistik, M. Adrie Dirga Sagita menjelaskan bahwa Prinsip Satu Data Indonesia sesuai dengan PERPRES 39 TAHUN 2019 memastikan data yang diproduksi oleh Produsen Data berkualitas (sesuai Standar, Metadata Baku dari Pembina Data serta dihasilkan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk dan dapat dimanfaatkan bersama (interoperabilitas).

"Saat ini penyelenggaraan Satu Data Indonesia di Provinsi Kalimantan Timur didukung oleh Dinas Komunikasi dan Informatika dalam hal penyediaan server dan Portal Open Data,"jelas Dirga.

Walidata sendiri miliki pengertian sebagai suatu unit pada Instansi Pusat dan Instansi Daerah yang melaksanakan kegiatan pengumpulan, pemeriksaan, dan pengelolaan Data yang disampaikan oleh Produsen Data, serta menyebarluaskan Data.

Dijelaskan Dirga dalam pemaparannya bahwa tugas Diskominfo sebagai walidata tingkat daerah antara lain mengumpulkan, memeriksa, dan mengelola data yang disampaikan oleh Produsen Data sesuai prinsip Satu Data Indonesia. Kedua, menyebarluaskan data, metadata, kode referensi / data induk di Portal Satu Data Indonesia dan Portal Satu Data Kalimantan Timur. Ketiga, membantu Pembina Data dalam membina Produsen Data. Dan terakhir, Diskominfo memberikan dukungan dan pendampingan kepada Walidata tingkat Kabupaten/Kota dalam penyelenggaraan Satu Data Kalimantan Timur.

"Portal Open Data Kalimantan Timur dapat diakses melalui tautan https://data.kaltimprov. go.id,"jelasnya.

Pada portal ini terdapat 604 dataset yang telah dikumpulkan dari seluruh Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal di Provinsi Kalimantan Timur. Portal Open Data yang dikembangkan menggunakan framework Comprehensive Knowledge Archive Network (CKAN) dan telah terintegrasi dengan Portal Satu Data Indonesia.