Berita

KIM Kaltim Siap Bertransformasi Digital

  •   Sefty Wulandari
  •   10 Oktober 2023
  •   5:33pm
  •   Berita
  •   352 kali dilihat

KIM Kaltim Siap Bertransformasi Digital

Tenggarong - Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di Kalimantan Timur siap untuk bertransformasi secara digital demi mendukung perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat. Transformasi digital ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas informasi bagi masyarakat.

KIM yang berperan sebagai penghubung antara pemerintah daerah dan masyarakat dalam penyampaian informasi, seiring kemajuan teknologi informasi menyadari pentingnya adaptasi terhadap perkembangan teknologi. Untuk itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim berkolaborasi dengan Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar Workshop Transformasi Digital Tata Kelola Kemitraan Komunikasi Publik, Selasa (10/10/2023) secara hybrid bertempat di Ruang Pertemuan BAPPEDA Kukar.

"Mengingat begitu pentingnya penguasaan teknologi informasi dalam berbagai aspek kehidupan publik saat ini dan di masa mendatang agar dapat menjawab berbagai tantangan dan hambatan pada perubahan zaman," ujar Ahyani Fadianur selaku Staf Ahli Bidang Administrasi Umum mewakili Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah saat memberikan sambutan.

Perlu penguasaan dan kemampuan serta keterampilan sumber daya manusia yang melek teknologi informasi sehingga dapat dengan cepat merespon segenap aspek perubahan lingkungan masyarakat.

"KIM memungkinkan kita untuk membuat ruang online yang aman dan terjamin di mana anggota dapat berintegrasi satu sama lain terutama dengan rekan kita untuk berbagi pengetahuan saling membantu dan menciptakan jaringan yang berharga," sambungnya.

Bertemakan Sosialisasi Pemanfaatan Platform Digital Kemitraan Bagi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) se Kaltim, Kadiskominfo Kaltim Muhammad Faisal mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan dapat mempercepat proses transformasi digital. Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber ahli yang berasal dari Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Publik Kementerian Kominfo RI dan Praktisi Digital Branding, Konsultan PR dan Media Sosial.

Akselerasi transformasi digital ini juga diharapkan dapat dikelola secara tepat dan benar dengan berbasis pada komunitas dalam kelompok informasi masyarakat di daerah, sehingga akan berdampak pada percepatan pertumbuhan dan peningkatan komunitas.

“Sudah saatnya kita harus fokus pada digitalisasi. Dengan penyebaran masyarakat yang luas secara geografis, digital lah yang membantu kita untuk memperluas jangkauan komunikasi publik kita, ” terang Faisal.

Ketua Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi se-Indonesia ini juga menyampaikan dengan adanya platform digital kemitraan berupa instalasi website yang dirancang khusus bagi KIM, website KIM.id. Dirinya juga meminta agar transformasi digital melalui web, nantinya didukung pula dengan penguatan media sosial.

“Mari kita perkuat lagi penggunaan web, namun juga tetap kita barengi dengan diseminasi informasi melalui media sosial sehingga semua informasi dapat terintegrasi. Bersama-sama menciptakan masa depan yang lebih cerah dan informatif untuk Kalimantan Timur.” ajak pria berkacamata ini. (sef/pt)

Foto : Teguh