Berita

KIM Jadi Jembatan Antara Pemerintah dan masyarakat

  •   Teguh Prasetyo
  •   23 September 2021
  •   4:33pm
  •   Berita
  •   305 kali dilihat

‌Samarinda - Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kalimantan Timur resmi dilantik oleh Sekjen Forum Komunikasi KIM Nusantara Bobbin Nila Prasanta Yudha atau yang lebih akrab disapa Cak Boni, di Atrium Big Mall Samarinda, Kamis (23/9).

Dinas Kominfo Kaltim menginisiasi terbentuknya wadah pegiat KIM sebagai upaya mengaktualisasikan diri, serta ajang berbagi informasi terkait perkembangan kegiatan KIM di seluruh di Indonesia.

"KIM menjadi jembatan bagi masyarakat dan pemerintah, jadi proses untuk menjadi jembatan ini yang penting," Ujar Cak Boni.

Kenapa dianggap penting karena Aliran informasi dari atas kebawah ini kemudian juga dapat menangkal HOAKS, tambahnya.

Sekjen Forum Komunikasi KIM Nusantara Cak Boni mengatakan Sesuai amanat dari temu KIM 2015, 2017 dan 2019 mendorong terbentuknya forum atau wadah KIM se Indonesia yaitu Forum Komunikasi KIM Nusantara.

Ketua KIM Kaltim, Arief Kaseng berharap menambahkan kelompok yang terbentuk secara mandiri dan kreatif tersebut dapat melakukan pemberdayaan masyarakat terhadap akses informasi dan komunikasi.

Banyak tugas KIM yang harus disosialisasikan ke masyarakat antaranya, mewujudkan masyarakat yang aktif, peka dan memahami informasi, memberdayakan masyarakat untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat. (tp/pt)