Berita

KIM Desa Suko Mulyo Menjadi Jembatan Informasi Antara Masyarakat dan Pemerintah

  •   Rizky Yusuf
  •   10 Agustus 2023
  •   7:44pm
  •   Berita
  •   591 kali dilihat

PPU - Memasuki hari kedua, tim penilai dari Diskominfo Kaltim dan Penajam Paser Utara (PPU) kembali melanjutkan kegiatan penilaian KIM ke di Desa Suko Mulyo, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara pada Kamis (10/8/2023).

Kedatangan tim tersebut disambut baik oleh Ketua KIM Desa Suko Mulyo didampingi oleh Sekretaris KIM Aries Eko Prasetyo serta anggota lainnya. Turut hadir Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya TIK dan Statistik Diskominfo PPU Fitriani.

Ketua KIM Desa Suko Mulyo Wulan Sari dihadapan tim penilai menjabarkan, berkaitan dengan terbentuknya KIM diwilayahnya. Dikatakannya Warga Desa Suko Mulyo sebagian masih dihadapkan pada permasalahan dasar untuk pemenuhan kebutuhan hidupnya.

Untuk dasar itu masyarakat Desa Suko Mulyo perlu ditingkatkan kemampuannya sehingga berdaya dan dapat hidup layak serta mampu mengatasi permasalahan dimasa yang akan datang, Antara lain faktor persaingan yang semakin terbuka.

Upaya pemberdayaan antara lain dilakukan dengan mendorong kelompok-
kelompok masyarakat untuk mendayagunakan informasi agar memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat.

"Masyarakat sebelumnya tidak tahu apapun informasi yang berkaitan tentang Pemerintah. Jadi kehadiran KIM menjadi sebuah jembatan antara masyarakat dan pemerintah, apalagi dengan ditetapkan Kaltim sebagai IKN,"jelas Ketua KIM

Dikatakan Ketua, masyarakat disekitar sebagian besar bergantung pada sektor pertanian dan perkebunan. Diakuinya juga bahwa warga setempat juga sangat bersemangat untuk menekuni sektor itu sebagai mata pencarian.

Kemudian terkait digitalisasi, KIM juga mengharapkan peran serta masyarakat untuk memperoleh informasi. Di Era digitalisasi, informasi menjadi suatu kebutuhan yang tidak dapat terhindarkan. Arus kemajuan teknologi menuntut masyarakat wajib melek teknologi.

Diketahui pembentukan KIM Suko Mulyo tertuang didalam SK Kepala Desa Suko Mulyo nomor 19 tahun 2023 tentang pembentukan KIM Suko Mulyo Masa Bhakti 2023-2026 dengan harapan menjadikan masyarakat Desa Suko Mulyo Cerdas serta melek informasi.

"Proker KIM Suko Mulyo memberikan nama yakni AKTIF (Akselrasi, Kolaborasi, Transformasi, Inovatif, Fleksibel)"jelasnya.

KIM Suko Mulyo turut berpatisipatif dalam mendukung proker Pemerintah, bukti dari keseriusan mereka dengan diraihnya juara ke III Lomba kebersihan dan lingkungan antar desa/kelurahan dalam acara Festival Sepaku Ibukota Nusantara yang diadakan oleh dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI pada tahun 2022.

Untuk publikasi, pihaknya juga terlihat aktif untuk menshare kegiatan proker ke berbagai sosial media terutama di website Sukomulyo.kimppu.id. (rey/pt)