Berita

Ketua Dekranasada Kaltim Meninjau Pembuatan Batik Khas Kaltim

  •   Bagus Setiawan
  •   17 Desember 2023
  •   8:33am
  •   Berita
  •   286 kali dilihat

Ketua Dekranasada Kaltim Meninjau Pembuatan Batik Khas Kaltim

Tanjung Redeb - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Timur dr. Yulia Zubir Akmal dalam lawatannya ke Kabupaten Berau mengunjungi pengrajin batik Putri Maluang di dampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Berau Sri Aslinda Gamalis, istri dari PJ Gubernur Kaltim tersebut berkesempatan lansung melihat proses pengolahan batik. (16/12)

Yulia mengatakan, hasil pengolahan batik Putri Maluang khas Kabupaten Berau tidak kalah bagusnya dengan batik Nasional, desain yang modern dan dibuat secara eksklusif, membuat produk tersebut menjadi primadona.

"Saya sangat senang dengan kreasi batik Putri Maluang, ternyata di Kaltim ada pengolahan batik yang setara dengan Batik Nasional, yang lebih luar biasanya, setiap batik dibuat dengan limited edition"ujar Ketua Dekranasda Kaltim .

Istri Pj Gubernur Kaltim menambahkan, rumah produksi batik Putri Maluang menjadi inspirasi bagi pengrajin di Kabupaten/Kota untuk mengembangkan potensi batik khas daerah, dan juga penting bagi Dekranasda Kaltim untuk terus mengadakan pelatihan serta pembinaan kepada pengrajin, agar bisa berkesempatan mengikuti pameran agar karya mereka dapat dikenal.

Produk Batik Putri Maluang yang paling diunggulkan menurut Owner Putri Arofah, adalah batik bermotif penyu, di mana menjadi simbol Kabupaten Berau. Untuk jangkauan pemasaran sendiri sudah merambah ke nasional dan beberapa diantara pelanggan tetapnya adalah Ridwan Kamil mantan Gubernur Jawa Barat dan Muhammad Faisal Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim. (Bgs/ty)