Berita

Kesiapan Masyarakat Kaltim Untuk Bermigrasi Ke Siaran TV Digital

  •   Bagus Setiawan
  •   26 November 2021
  •   9:41am
  •   Berita
  •   480 kali dilihat

Samarinda - Pertunjukan virtual  Kesenian Rakyat Daerah Kalimantan Timur yang di siarkan TVRI Kaltim yang diadakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Tema acara tersebut Bersiap Sambut Siaran TV Digital dari Kaltim.

Acara tersebut menghadirkan Kepala Biro Humas Kementerianp Kominfo RI Rina Anita, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Kepala Dinas Kominfo Kaltim Muhammad Faisal, Kepala TVRI Kaltim Arif Suryansyah, dan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Kaltim Akbar Ciptanto.

Dalam sambutanya Rina Anita Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo RI mengatakan acara yang bertujuan untuk mensosialisasikan migrasi siaran TV Analog ke TV Digital kepada masyarakat, mengingat siaran di Indonesia sudah sangat tertinggal dari negara lain, akan tetapi ketertinggalan ini tidak kemudian Indonesia bertransformasi.


"Sebagaimana sesuai arahan Presiden RI  Joko Widodo tentang transformasi siaran TV Digital ialah menyiapkan salah satu aspek yang ditekankan adalah menyiapkan Road Map Transformasi Digital di sektor penyiaran," Kata Rina, Kamis (25/11)

Arahan presiden tersebut dipertegas dengan disahkannya Undang undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja pada tanggal 22 November 2020 lalu, yang didalamnya terdapat sektor Pos Telekomunikasi dan Penyiaran.

Wanita berambut pendek tersebut menegaskan setelah Undang undang di atas disahkan, pemerintah daerah diberi waktu hingga tahun 2022 untuk mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk bermigrasi ke siaran TV Digital, yang nantinya TV analog akan di hentikan pada 30 April 2022 mendatang.

Kaltim sendiri sebenarnya sudah siap bermigrasi ke siaran TV Digital pada 17 Agustus 2021 bertepatan  HUT Republik Indonesia, dikarena kendala sesuatu hal  jadi launching tersebut diundur.

Pemerintah daerah Prov. Kaltim melalui Kepala Dinas Kominfo M Faisal menghimbau kepada masyarakat, agar jangan ragu bermigrasi ke siaran TV Digital, karena sudahteruji visual jernih dan alatnya  canggih.


"Mari kita tunjukan kepada provinsi lain bahwa Kaltim siap untuk bermigrasi ke siaran TV Digital, ditunjang dengan kesiapan lembaga penyiaran  dan masyarakatnya," ajak mantan Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda tersebut. (Bgs/ty)