Berita

Kerajinan Rotan Menjadi Produk Unggulan, Guna Bersaing Menyambut IKN

  •   Bagus Setiawan
  •   6 Juni 2023
  •   3:49pm
  •   Berita
  •   884 kali dilihat

Samarinda - Produk unggulan Kalimantan Timur kerajinan dari rotan sudah merambah berbagai pasar dari lokal maupun internasional, hal tersebut ditunjang juga dengan kualitas produksi, dimana diperlukan kreativitas dan pelatihan untuk para pengrajin. 

 

Maka dari itu Pemerintah Kalimantan Timur melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM serta Unit Pelaksana Teknis Dinas, melaksanakan pelatihan kerajinan rotan dan kayu untuk masyarakat dan UKM pada tanggal 6 juni 2023.

Kepala UPTD Perindagkop Kaltim Zainuddin Panani mengatakan, Guna menyambut IKN di Kaltim Kami (UPTD Perindagkop) menyiapkan sumberdaya manusia dan meningkatkan keterampilan di bidang pembuatan rotan agar mampu bersaing dengan produk lain, sehingga bisa menaikkan perekonomian masyarakat. 

 

"Kita menyiapkan produk unggulan (Rotan) untuk menyambut IKN, pelatihan anyaman rotan ini bisa menjadi produk yang bermanfaat seperti vas bunga, tas, kursi dan lain lain," kata Zainuddin. ( 6/6 )

 

Zainuddin juga menambahkan, sumber dana pelatihan yang dilakukan UPTD Perindagkop dan UMKM ini berasal dari APBD, dan setiap tahunnya akan terus dilakukan pelatihan-pelatihan untuk masyarakat dan UKM yang memerlukan peningkatan skill. 

Untuk diketahui para peserta yang mengikuti pelatihan rotan sudah terdata di setiap kelurahan di 10 kabupaten dan kota, karena peran perangkat daerah sangat membantu untuk memantau produk mana saja yang menjadi unggulan. (Bgs/ty)