Berita

Kelola Informasi Lebih Efektif, Faisal Tekankan Pentingnya Literasi Data dan Literasi Digital Bagi Perangkat Desa

  •   Sefty Wulandari
  •   13 September 2023
  •   11:48am
  •   Berita
  •   382 kali dilihat

Tenggarong - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Faisal menekankan pentingnya literasi digital dan literasi data, bagi perangkat desa dalam mengelola administrasi dan menyediakan layanan kepada masyarakat yang semakin kompleks, seiring dengan perkembangan teknologi informasi.

Hal itu diterangkannya dihadapan 250 peserta Sosialisasi Bela Negara untuk Perangkat Desa di Kukar, 12-13 September 2023.

“Kita sudah masuk ke era serba digital. Kita juga bisa menemukan beragam data informasi yang kita butuhkan. Kita punya, kita simpan, tapi sayangnya belum kita gunakan data-data ini dengan maksimal. Itu mengapa tidak hanya literasi digital tapi literasi data juga penting,” tandasnya.

Ketua Asosiasi Diskominfo Provinsi Se-Indonesia ini pun menuturkan bahwa bila literasi digital berkaitan dengan penggunaan teknologi, maka kemampuan untuk menguasai literasi data pada akhirnya akan berkaitan dengan pemahaman data.

“Perangkat desa perlu terampil dalam menggunakan perangkat lunak, aplikasi dan internet untuk melaksanakan tugas-tugas sehari-hari mereka. Ini mencakup pengelolaan situs web desa, komunikasi online dengan masyarakat dan juga pemanfaatan aplikasi untuk mendukung pelayanan publik, ” turur pria berkacamata ini.

Antusiasme peserta pun nampak tatkala sesi diskusi berlangsung. Sunarto, salah seorang perangkat desa dari Kecamatan Loa Kulu membagikan kesannya terhadap materi yang disampaikan.

“Senang sekali bisa menerima wawasan baru juga berdiskusi dengan pak Faisal. Selain kemampuan literasi, tadi juga sempat dibahas tentang bagaimana kita bisa membaca peluang dalam era media baru, juga sebagai orang tua untuk anak-anak kita dirumah, kita juga harus lebih tegas dalam melakukan pengawasan teknologi dan media yang mereka gunakan. Tapi, tetap tanpa mengurangi ruang berekspresi mereka,” jelas Sunarto.

Dengan demikian, literasi data dan literasi digital menjadi landasan penting dalam meningkatkan efektivitas pengelolaan informasi di tingkat desa.

Penguasaan literasi digital dan literasi data yang baik, perangkat desa dapat membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan data yang akurat dan relevan. Serta pengelolaan informasi yang mereka dapatkan juga tentunya lebih optimal. (sef/pt)