Berita

Kelas Ibu Balita Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan

  •   prabawati
  •   5 Oktober 2021
  •   1:57pm
  •   Berita
  •   501 kali dilihat

Kelas Ibu Balita Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan

Samarinda - Ibu dan anak merupakan kelompok yang paling rentan terhadap berbagai masalah kesehatan. Maka dibutuhkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan akan kesehatan melalui kelas ibu balita.

Kepala Seksi Kesehatan Keluarga, Dinas Kesehatan Kaltim, Nurhasanah menuturkan kelas ibu balita sebagai sarana mendampingi ibu balita menggunakan buku kesehatan ibu dan anak (KIA) dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan perilaku balita.

Selain itu, melalui kelas ibu balita dapat lebih memahami dan mampu mengimplementasikan isi dari buku KIA.

"Kelas ibu balita harus dilaksanakan oleh Puskesmas desa minimal 50 persen yang ada di wilayah kerjanya,"sebutnya pada kegiatan orientasi kelas ibu balita rentan Prov. Kaltim, Selasa (5/10).

Menurutnya, penyelenggaraan kelas ibu balita merupakan media untuk lebih mengetahui tentang kesehatan ibu dan balita serta dapat menjalin hubungan yang lebih erat lagi.

Dalam rangka meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan kesehatan balita salah satu strategi yang digunakan adalah pemberdayaan keluarga dan masyarakat melalui pemanfaatan buku KIA dengan pelaksanaan kelas ibu balita yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan balita.

Nurhasanah meminta kepada peserta setelah melakukan kegiatan pertemuan orientasi kelas ibu balita pada kelompok rentan, pengelola program kesehatan yang ada di Kabupaten/Kota dan pengelola program kesehatan anak di Puskesmas dapat tersosialisasi.

Kegiatan tersebut diikuti 171 orang peserta dari pengelola program kesehatan dan puskesmas, Kabupaten dan kota. (Prb/ty).