Berita

Kehadiran KTPA Penting, Cegah dan Kendalikan Karlabun Sedari Dini

  •   resa septy
  •   6 November 2021
  •   11:54am
  •   Berita
  •   232 kali dilihat

Tanjung Redeb - Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur, Ujang Rachmad melalui Kepala Bidang Perkebunan Berkelanjutan, Asmirilda mengatakan kehadiran Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) sangatlah penting dalam upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran lahan dan kebun (Karlabun) sedari dini di lapangan.

“Kebakaran lahan dan kebun terjadi setiap tahun, apalagi di musim kemarau. Karenanya, kami terus mendorong terbentuknya KTPA di setiap kabupaten dan kota," ucap Asmirilda pada Sosialisasi dan Pembentukan KTPA yang diselenggarakan oleh Disbun Kaltim di Hotel Grand Parama Kabupaten Berau, baru-baru ini.

Terdapat permasalahan mendasar dalam pencegahan dan penanggulangan Karlabun diterangkan olehnya ialah belum memadainya sarana, prasarana dan sumber daya manusia untuk pengendalian di lapangan.

Menurutnya, keterlibatan pihak perusahaan besar swasta melalui kemitraan dengan KTPA yang difasilitasi pemerintah kabupaten/kota sangat diperlukan.

"Sehingga pencegahan dan pengendalian Karlabun bisa lebih maksimal," tambahnya.

Dalam hal ini, Disbun Kaltim telah berhasil membentuk 86 regu pengendalian Karlabun yang terdiri 1 Brigade Satuan Tugas Tingkat Provinsi, 4 (empat) Brigade tingkat Kabupaten dan 81 KTPA di 4 (empat) Kabupaten pada tahun 2020.

Pembentukan KTPA ini terus dilakukan. Sebagaimana diakui Asmirilda dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan kunjungan sekaligus sosialisasi pembentukan KTPA di kabupaten/kota lainnya di Kaltim, bebernya. (disbunkaltim/resa/pt)